Khasiat Jahe Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Khasiat Jahe Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar – Suplemen Jahe dilaporkan dapat mengurangi risiko peradangan usus. Hal ini menyampaikan bahwa perhiasan ini mungkin memiliki potensi sebagai obat untuk pencegahan kanker usus besar. Studi ini diterbitkan di jurnal Cancer Prevention Research, yaitu sebuah jurnal dari American Association for Cancer Research. Studi ini melibatkan 30 pasien, dimana setiap pasien diberikan dua gram perhiasan jahe per hari atau perhiasan lain (untuk mengetahui efek plasebo). Pemberian perhiasan ini dilakukan secara acak.
Para peneliti mengambil sampel jaringan usus dari 30 orang pasien yang telibat di dalam penelitian ini, sesudah dan sebelum penelitian untuk mengetes senyawa yang diindikasi bisa mengatasi peradangan pada usus. Hasilnya, jahe ternyata bisa menurunkan tingkat penyebab peradangan di jaringan usus dibandingkan dengan placebo.

Gingerols, senyawa polifenol aktif dalam jahe, terbukti bisa menghambat pertumbuhan Helitobachter pylori yang bekerjasama dengan perkembangan kanker usus besar.
Khasiat Jahe Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar Khasiat Jahe Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar
Jahe (Credit: © Tomboy2290 / Fotolia)
Sebelumnya, peradangan atau inflamasi telah diketahui sebagai penyebab awal kanker ususbesar, namun uji lanjutan masih dibutuhkan untuk melihat bagaimana jahe bisa menekan risiko tersebut. Kata Zick, penulis utama studi ini yang juga seorang dokter naturopati.
Usus merupakan adegan dari sistem pencernaan insan yang terdiri dari usus halus (usus kecil) dan usus besar. Sebagian besar kanker usus yang berkembang terjadi di usus besar (colon cancer) dan hanya sebagian kecil saja yang terjadi di usus halus.
Gejala yang muncul dari kanker usus ini yaitu perdarahan atau adanya darah dalam feses, terjadi perubahan kebiasaan buang air besar yang berlangsung selama 3 ahad atau lebih, penurunan berat tubuh tanpa penyebab yang jelas, kelelahan ekstrem dan adanya nyeri atau benjolan di perut.
“Kita perlu menerapkan ketelitian yang sama dengan jenis pertanyaan ihwal efek jahe yang kita terapkan untuk penelitian uji klinis lain. Minat terhadap materi alami ini meningkat alasannya yaitu orang selalu mencari cara untuk mencegah kanker menggunakan obat tidak beracun. Selain itu, cara ini juga dianggap dapat meningkatkan kualitas hidup dengan cara yang hemat biaya.” tambah Zick.
Referensi Jurnal :
Suzanna M. Zick, D. Kim Turgeon, Shaiju K. Vareed, Mack T. Ruffin, Amie J. Litzinger, Benjamin D. Wright, Sara Alrawi, Daniel P. Normolle, Zora Djuric, and Dean E. Brenner. Phase II Study of the Effects of Ginger Root Extract on Eicosanoids in Colon Mucosa in People at Normal Risk for Colorectal Cancer. Cancer Prev Res, October 11, 2011 DOI: 10.1158/1940-6207.CAPR-11-0224
Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh American Association for Cancer Research via Science Daily (11 Oktober 2011). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/