Keunikan / Keanehan Huruf X dalam Bahasa Indonesia

Tahukah anda bahwa abjad x itu ternyata memiliki sesuatu yang aneh di dalam bahasa kita.  Huruf x yang dilafalkan dengan kata éks ternyata dalam prakteknya tidak demikian adanya.  Semua kata yang berawalan abjad x memiliki lafal s daripada éks atau ks.  Hanya ada dua kata dalam kamus bahasa indonesia yang menggunakan lafal éks atau ks, yaitu kata X dan kata Xi.  Itu pun juga alasannya ialah menjelaskan abjad x itu sendiri atau merupakan kata yang berasal dari bahasa asing (Bahasa Yunani).

Semua kata yang diawali abjad x selain dua kata di atas secara lafal dianggap sama dengan abjad s.  Berikut di bawah ini ialah semua kata yang dimulai dengan abjad x beserta lafalnya :
x = éks
xantat = santat
xantena = santéna
xantofil = santofil
xenia = sénia
xenofili = sénofili
xenofobia = sénofobia
xenoglosia = sénoglosia
xenograf = sénograf
xenokrasi = sénokrasi
xenolit = sénolit
xenomania = sénomania
xenon = sénon
xerofil = sérofil
xerofit =sérofit
xeroftalmia = séroftalmia
xerografi = sérografi
xerosis = sérosis
xi = ksi
xifoid = sifoid 
xilem = silém
xilena = siléna
xilofon = silofon
xilograf = silograf
xilografi = silografi
xiloid = siloid
xiloidina = siloidina
xilol = silol
xilologi = silologi
xilonit = silonit
xilosa = silosa

Maksud atau arti dari é ialah suatu lafal abjad e.  Ada dua lafal abjad e, yaitu é dan e.  Contoh lafal e yang é contohnya menyerupai pada kata baret, sate, lewat, dan lain-lain.  Sedangkan lafal e yang e contohnya menyerupai pada kata jejaka, orde, kepada, resah, dan lain sebagainya.  Untuk pola gabungan dua lafal abjad e yang berlainan contohnya menyerupai sepeda (sepéda) dan lembek (lembék).
Makara dari pola diatas dapat kita lihat bahwa hampir semua kata yang diawali abjad x dilafalkan dengan abjad s dan bukan dilafalkan dengan éks atau ks.  Misalnya kata xenia yang dilafalkan sénia, bukan dilafalkan eksénia atau pun ksénia.  Selain itu kelihatannya kata-kata yang diawali abjad x pada kamus besar bahasa indonesia semuanya ialah kata serapan dari bahasa asing sehingga mungkin pada awalnya di negara kita dulu tidak mengenal kata yang menggunakan abjad x.

Artikel Menarik Lainnya

Baca Juga:  Reaksi Polimerisasi, Pembentukan Polimer, Adisi, Radikal Bebas, Ion, Kondensasi, Kimia