Keunggulan / Manfaat Rajin Sholat Berjamaah di Masjid atau Musholla

Rajin sholat lima waktu di masjid ternyata mampu mendatangkan aneka macam manfaat.  Tidak hanya sekedar untuk menunaikan ibadah wajib saja, namun juga mampu menyampaikan banyak kebaikan yang mungkin di luar perkiraan kita.  Jika saja orang-orang Islam yang ada di suatu kawasan malas sholat berjamaah di awal waktu di masjid, tentu masjid akan menjadi sangat kosong.

Beberapa Keunggulan dan Manfaat Rajin Datang ke Masjid / Musholla untuk Sholat Berjamaah :

1. Dapat Pahala yang Sangat Besar

Sholat berjamaah di awal waktu secara bantu-membantu memiliki jumlah pahala yang berbeda dengan sholat sendirian.  Perbedaannya mungkin mampu mencapai 27 derajat lebih tinggi.  Satu derajat pahala kita tidak tahu besarannya, namun sepertinya sangat jauh lebih besar daripada sholat sendiri-sendiri.  Selain itu kita pun juga mampu mendapat pahala suplemen bila selama kita berada di masjid atau mushola kita niatkan terlebih dahulu dengan niat i’tikaf (berdiam diri di masjid).

2. Bisa Semakin Dekat dengan Tetangga dan Jamaah Masjid

Dengan semakin sering bertemu di masjid atau di musholla dikala beribadah berjamaah, maka semakin besar pula peluang untuk melaksanakan interaksi dengan tetangga dan orang lain yang memiliki kebiasaan yang sama.  Walhasil, kekerabatan kita dengan banyak orang lain mampu menjadi semakin dekat bila kita menjalaninya dengan baik dan benar.

3. Mendapatkan Kepercayaan

Orang yang rajin ke masjid itu biasanya orang-orang baik.  Jika kita dapat berperilaku yang baik selama beribadah di masjid atau mushola, maka orang-orang pun tidak akan ragu untuk menyampaikan kepercayaannya kepada kita.  Contoh kepercayaan yang diberikan orang di sekitar kita adalah menyerupai menimbulkan kita sebagai pengurus masjid, membrikan jabatan sosial masyarakat kepada kita, kepercayaan dalam hal bisnis, mendapat anjuran pekerjaan, mendapat anjuran dikenalkan dengan lawan jenis bila belum menikah, dan lain sebagainya.

4. Mendapatkan Bantuan Gratis

Kita kita tidak muncul di masjid dalam kurun waktu tertentu, maka kita mampu dicari oleh jamaah atau pengurus masjid yang kenal dekat dengan kita.  Jika kita mengalami sesuatu hal tertentu pun kita mampu mendapat bantuan, baik secara material maupun imaterial.  Misalnya bila kita sakit maka kita akan didoakan dan mungkin dijenguk oleh kenalan kita di masjid.  Jika kita kesulitan ekonomi maka masjid mampu menunjukkan bantuannya kepada kita.  Selama kita mampu menjadi jamaah masjid yang aktif, maka derma pun mampu datang tanpa disangka-sangka tanpa kita memintanya.

Itulah beberapa manfaat yang mampu kita dapatkan hanya dari rajin ibadah sholat wajib lima waktu di masjid atau musholla yang ada di sekitar tempat tiggal kita.  Semoga kita dijadikan Tuhan SWT sebagai manusia yang rukuk bersama dengan orang-orang yang rukuk.  Cobalah untuk menjadi orang yang rajin ke masjid untuk mencicipi sensasi luar biasanya.