Ketebalan Es di Greenland yang Sangat Tebal Sekali

Greenland yakni suatu pulau besar yang ada di bersahabat kutub utara yang selalu terselimuti oleh lapisan salju yang sangat tebal.  Ketebalan es pada pulau greenland mampu mencapai kurang lebih 3 kilometer tebalnya.  Ini artinya yakni pada pulau greenland terdapat air dalam bentuk beku yang sangat banyak sekali.  Hal ini disebabkan karena greenland yakni salah satu pulau terbesar di dunia.  Walaupun ukuran pulaunya besar namun penduduknya tidak banyak karena daerahnya terlalu hambar sehingga kurang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal bagi manusia.

Salah satu perkiraan yang dapat disimpulkan dari ketebalan es di pulau greenland yakni apabila seluruh es yang ada di pulau greenland tersebut mencair, maka ketinggian air laut akan bertambah kurang lebih 7 meter.  Salah satu penyebabnya yakni karena ternyata di tengah pulau greenland ternyata yakni ngarai yang sangat besar.  Dasar ngarai tersebut berada kurang lebih 200 meter di bawah permukaan air laut sehingga berarti jumlah es yang ada di pulau greenland lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Jika air laut naik secara signifikan maka itu artinya yakni bencana tingkat internasional.  Dengan naiknya air laut secara masif maka akan ada banyak pulau-pulau rendah yang karam di bawah permukaan air laut.  Selain pulau kecil yang rendah, pulau yang sudah ada pun akan berkurang ukurannya karena tempat yang rendah akan diisi oleh air laut.  Dengan begitu akan ada banyak orang yang kehilangan rumah dan tanahnya karena karam di bawah laut.  Oleh karena itu maka kita harus mulai bertindak untuk mencegah terjadinya pemanasan global yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia.