Fakta Unik Dunia Kenapa burung terbang seperti huruf V ?

Pernahkah kalian melihat burung yang sedang terbang untuk migrasi ? mereka terbang membentuk huruf V, benarkan ? kira – kira kenapa ya ???

Biasanya burung jenis ini terbang secara berkelompok membentuk sebuah parade burung terbang yang indah. Jarang ditemukan angsa yang sedang terbang sendiri. Kecuali jika ia masih jomblo. 
Selain untuk meningkatkan keamanan terhadap serangan predator, kebersamaan itu juga dapat mengurangi resiko tersesat saat dijalan. Karena burung tidak bisa bertanta, maka pribahasa malu bertanya sesat dijalan tidak berlaku pada mereka. Dalam bermigrasi, burung – burung ini memanfaatkan medan magnetik bumi untuk digunakan sebagai penunjuk arah.
Dalam melakukan parade, angsa-angsa ini sering kali membentuk formasi seperti huruf V. Angsa yang paling depan yang berfngsi sebagai pemimpin merupakan pembuka jalan yang harus bekerja keras “memecah” hambatan udara sehingga angsa di belakangnya dapat bergerak lebih mudah. Ketika pemimpin ini lelah, temannya segera menggantikan posisinya. Jadi kumpulan angsa tersebut mirip sebagai sebuah organisasi yang dapat saling menutupi dan saling membantu

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ketika burung tersebut terbang dalam formasi huruf V ini, gerakan angsa – angsa dalam kawanan ini sangat sinergi sehingga mereka tidak perlu keluar tenaga terlalu besar (pemakaian energi lebih efisien) untuk melakukan perjalanan yang jauh. Angsa-angsa ini terlihat sangat kompak, sehingga terlihat seakan-akan tidak pernah ada yang salah arah. 
Sebenarnya berbagai kesalahan arah terbang tetap terjadi, hanya saja kesalahan itu dapat dengan cepat dileburkan sehingga tidak terlihat mempengaruhi arah terbang kawanan.
Pada gambar diatas, sekumpulan burung angsa sedang bergerak untuk bermigrasi. Perhatikan penomoran angsa pada gambar. Jika satu angsa menyimpang dari posisi (1) ke posisi (2) lalu ke posisi (3) dan (4), maka angsa-angsa lain akan berusaha menyesuaikan diri (dengan memperhatikan aliran udara dan kondisi udara di sekitarnya) sedemikian sehingga terjadi perubahan posisi, tetapi arah gerak kawanan tetap tidak berubah yaitu tetap ke arah utara.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Luar biasanya, Konsep perubahan posisi ini dapat diterapkan dalam ilmu manajemen modern. Menurut konsep ini, jika ada seorang mempunyai ide yang dapat menyimpangkan arah perusahaan tetapi menguntungkan perusahaan itu, orang ini tidak akan dikucilkan. Teman-temannyalah yang akan menyesuaikan diri sedemikian sehingga misi dan visi perusahaan tetap tidak berubah walaupun mungkin posisi teman-temannya itu bisa berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *