Kenali Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Hai sobat semua, di artikel ini saya mau menyebarkan kepada anda mengenai bab mata dan fungsinya. Mata menjadi organ penting bagi kita, merawat dan menjaganya memang wajib dilakukan supaya kesehatan mata kita tetap terjaga. Bayangkan kalau mata kita bermasalah, pasti kita tidak akan nyaman alasannya ialah mata menjadi panca indera yang fungsinya untuk melihat.

Untuk itu, perlulah pemahaman mengenai bagian-bagian mata dan fungsinya supaya kita mampu lebih paham dan tidak sembarangan dalam merawat dua bola mata kita.

Awalnya banyak orang yang menerka bahwa mata hanya terdiri dari bola berwarna putih dan dilengkapi dengan bundar hitam ditengahnya. Pernyataan tersebut tidak salah, tapi seiring berkembangnya teknologi, bab mata tidak sesederhana itu, tapi lebih spesifik dengan banyak sekali bab lain yang ada didalam maupun diluarnya.

Organ mata dibagi menjadi dua yaitu bab luar dan dalam. Bagian luar ialah bab yang mampu kita lihat tanpa alat bantu, contohnya ibarat kelopak mata, alis, dan bulu mata. Sedangkan bab dalam lebih spesifik lagi. Nah eksklusif saja kalian baca bagian-bagian mata dan juga fungsinya.

Kenali Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya
sumber gambar dari mazmuiz

Bagian Mata dan Fungsinya

Organ Mata Bagian Luar
  • Kelopak Mata
Kelopak mata setiap hari kita gunakan untuk melindungi mata kita dari banyak sekali hal ibarat bubuk dan lainnya. Kelopak mata biasanya bekerja secara reflek, contohnya ketika kalian kelilipan, secara seketika kelopak mata akan menutup, fungsinya supaya bubuk tidak masuk terlalu banyak kedalam mata.

  • Alis Mata
Biasanya ketika kita mandi mengapa air tidak masuk kedalam mata kita? Nah jawabannya yaitu alasannya ialah adanya Alis Mata. Alis mata berfungsi untuk menyaring atau memindahkan benda cair supaya tidak masuk ke mata. Bayangkan kalau tidak ada alis, pasti mata kita akan sering kemasukan air atau keringat yang mampu membuat mata kita menjadi iritasi.

  • Bulu Mata
Bulu mata berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan diterima oleh bola mata. Bulu mata akan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata kita supaya cahaya yang masuk tidak terlalu banyak. Pasalnya kalau cahaya yang masuk terlalu banyak maka penglihatan kita akan terganggu, atau malahan mampu membuat kebutaan.

Organ Mata Bagian Dalam
  • Kornea
Bagian ini merupakan bab terluar dari mata. Karakteristik dari kornea yaitu bening dan tembus cahaya. Fungsi dari Kornea untuk menangkap cahaya dari luar yang kemudian diteruskan ke retina.

  • Retina
Retina atau selaput jala ialah lapisan yang sangat tipis dan peka terhadap cahaya. Letaknya dibelakang dinding bola mata yaitu daerah terbentuknya bayangan. Fungsi dari retina sendiri yaitu untuk menangkap cahaya yang kemudian diteruskan ke saraf mata dan akan diproses.

  • Iris
Bagian selaput ini letaknya ditengah atau dibelakang kornea dan membentuk celah lingkaran. Fungsi dari Iris yaitu untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk dan menunjukkan warna mata. Nah inilah yang membuat kadang warna mata berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung genetik masing-masing.

  • Pupil
Pupil ini fungsinya hampir sama dengan diafragma pada kamera yaitu mengatur banyaknya cahaya yang masuk . Letaknya erat dengan iris, tepatnya ditengah iris.

  • Lensa Kristalin
Fungsinya yaitu untuk mengatur atau memfokuskan letak bayangan supaya jatuh sempurna di bintik kuning (bagian yang paling peka terhadap cahaya). 

  • Aqueous humor
Fungsinya untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.

  • Otot Mata
Fungsinya untuk mengatur besar kecilnya lensa dan juga untuk menyangga lensa kristalin.
  • Vitreus Humor
Berbentuk ibarat cairan bening yang berfungsi untuk meneruskan cahaya ke retina.

  • Bintik Kuning
Berbentuk melengkung letaknya di retina dan sangat peka terhadap cahaya.

  • Syaraf Optik
Fungsinya untuk meneruskan rangsang cahaya dari retina menuju ke otak untuk diproses. Syaraf optik membawa semua gosip menuju ke otak, kemudian diproses dan hingga kita mampu melihat suatu objek.

Nah itu beliau bab mata dan fungsinya, semoga dengan artikel ini kalian mampu lebih paham lagi mengenai mata dan mampu menjaganya dengan baik alasannya ialah mata merupakan harta yang tak ternilai harganya.

Berikut penjelasan melalui video biar kalian lebih paham, silahkan disimak