Kemampuan Indera Penciuman Manusia Bisa Turun Drastis 50%

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kemampuan penciuman memiliki masanya.  Ada saatnya kemampuan penciuman seseorang maksimal dan ada saatnya kemampuan penciuman tidak bisa lagi maksimal.  Ketika indra penciuman masih rupawan maka hidung bisa membaui aneka macam macam aroma yang tersebar di sekelilingnya.  Mulai dari amis yang tidak enak hingga amis yang sangat enak sekali bisa dideteksi dengan mudah lewat indera penciuman.

Namun ada sesuatu yang terjadi ketika seseorang menjadi tua.  Saat usia seseorang sudah lanjut, maka kemampuan indera penciuman menjadi tumpul dari hari ke hari.  Jika indra peciuman sudah tumpul maka yang terjadi yaitu seseorang tidak lagi bisa mengidentifikasi amis atau aroma yang berkeliaran di sekelilingnya secara optimal.  Ada bau-bauan, wangi-wangian, aroma-aromaan, dan sebangsanya yang tadinya bisa diidentifikasi tidak bisa lagi diidentifikasi.

Pada umumnya usia normal seseorang mulai mengalami penurunan kemampuan indera penciuman yaitu pada usia 65 tahun.  Pada usia tersebut seseorang akan tidak bisa lagi mencium beberapa macam aroma atau bau.  Dan pada puncaknya yaitu pada usia 80 tahun di mana seseorang bisa mengalami penurunan kemampuan penciumannya hingga mencapai setengahnya atau sekitar 50%.  Itu artinya yaitu seseorang tidak lagi bisa mengidentifikasi banyak sekali amis sebagaimana masih berusia muda ibarat dahulu.  Oleh alasannya yaitu itu syukurilah indera penciuman kita yang luar biasa ini kepada Tuhan SWT yang menawarkan aneka macam nikmatnya kita.