Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Menurut Para Ilmuwan

Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Menurut Para Ilmuwan – Kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom dari mulai model atom Dalton hingga dengan model atom Niels Bohr.

1. Teori Atom Dalton

Model Atom :
Menurut Dalton ibarat bola pejal.
Kelebihan :
Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom.
Kelemahan :
Tidak menerangkan kekerabatan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik, jikalau atom merupakan bab terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi.

2. Teori Atom Thomson

Model Atom :
Menurut Thomson ibarat roti kismis.
Kelebihan :
Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bab terkecil dari suatu unsur. Selain itu juga memastikan bahwa atom tersusun dari partikel yang bermuatan konkret dan negatif untuk membentuk atom netral. Juga pertanda bahwa elektron terdapat dalam semua unsur.
Kelemahan :
Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan konkret dan jumlah elektron dalam bola.

3. Teori Atom Rutherford

Model Atom :
Menurut Rutherford ibarat planet bumi mengelilingi matahari.
Kelebihan :
Membuat hipotesis bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti dan satu sama lain terpisah oleh ruang hampa.
Kelemahan :
Model tersebut tidak dapat menerangkan mengapa elektron tidak pernah jatuh ke dalam inti sesuai dengan teori fisika klasik.

4. Teori Atom Bohr

Menurut Niels Bohr ibarat bola, dengan inti atom yang dikeliling, sejumlah elektron.
Kelebihan :
Mampu pertanda adanya lintasan elektron untuk atom hidrogen dengan jari-jari bola:
= 0,529 Angstrom
= 0,529 x 10–10 m
= 1 bohr
Bohr-sommerfeld membuatkan orbit Bohr (bola) menjadi orbital ialah fungsi gelombang elektron atau identitas elektron sebagai gelombang yang memiliki bentuk bola (l = 0, orbital s) atau 1 bola, (l = 1, orbital p) atau 2 balon terpilin, (l = 2, orbital d) atau 3 balon terpilin, (l = 3, orbital f).
Kelemahan :
Hanya dapat menerangkan atom-atom yang memiliki elektron tunggal ibarat gas hidrogen, tetapi tidak dapat menerangkan spektrum warna dari atom-atom yang memiliki banyak elektron.


Sumber http://www.nafiun.com/