Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Beserta Contohnya

Hai semuanya, kali ini kita akan berguru mengenai salah satu materi biologi SMA yaitu keanekaragaman hayati tingkat gen, nanti aku juga akan menyertakan pola dari keanekaragaman tersebut supaya kalian semua lebih paham.

Berbicara mengenai keanekaragaman pasti pertama yang melintas di kepala kita ialah wacana banyak sekali jenis makhluk hidup yang ada didalam suatu ekosistem. Seperti yang kita tahu, bahwa keanekaragaman hayati terbagi menjadi beberapa bagian, namun yang akan kita bahas kali ini yaitu bab keanekaragaman hayati pada tingkat gen.

Gen sendiri ialah bab dari kromosom atau salah satu kesatuan kimia (DNA) dalam kromosom yaitu dalam lokus yang mengendalikan ciri-ciri genetis dari suatu makhluk hidup. Gen diturunkan atau diwariskan oleh satu individu kepada keturunannya, yaitu melalui suatu proses reproduksi.

Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Beserta Contohnya

Nah dari pengertian tersebut terperinci terlihat jika Gen merupakan hasil turunan atau bibit yang diturunkan oleh induk. Gen juga menghipnotis bentuk fisik dari suatu spesies.

Oke sebelum kita masuk ke bahan kali ini, kita bahas dulu pengertian dari Keanekaragaman Hayati itu sendiri, berikut penjelasan singkatnya:

Keanekaragaman Hayati atau biodiversitas ialah keanekaragaman organisme yang memperlihatkan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, ekosistem pada suatu wilayah.

Dari pengertian diatas terdapat 3 hal yaitu gen, jenis dan ekosistem, kita tidak akan membahas semuanya, kita hanya akan membahas yang bab Gen alasannya menurut aku banyak soal yang keluar berafiliasi dengan keanekaragaman hayati pada tingkat gen.
Baca juga macam-macam dan fungsi enzim pada makhluk hidup

Pengertian Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

pengertiannya ialah keanekaragaman yang menandakan seluruh variasi jumlah dan susunan gen pada makhluk hidup. Setiap organisme atau individu memiliki banyak gen yang diwariskan dari induknya. Karena antar organisme memiliki karakteristik yang berbeda, maka membuat semakin banyak variasi dari keanekaragaman tingkat gen itu sendiri.
Coba kalian perhatikan organisme-organisme yang ada disekitar kalian, pasti diantara mereka terdapat perbedaan, ada yang mencolok dan ada juga yang tidak terlalu mencolok. Semua perbedaan itu dikarenakan gen yang berbeda yang diturunkan dari induknya.
Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen mampu kalian lihat antara bunga Mawar Merah dengan bunga Mawar Putih yang terlihat perbedaannya dari segi warna. Walaupun sama-sama bunga mawar namun alasannya terdapat perbedaan yang mencolok dari keduanya membuat kedua bunga tersebut masuk ke dalam keanekaragaman tingkat gen.
Contoh lain mampu kalian lihat pada tabel dibawah ini:

Kelapa Gading
Kelapa Kopyor
Kelapa Hijau
Anjing BulldogAnjing KampungAnjing Doberman
Padi Rojo LeleSedaniBarito
Ayam KampungAyam KateAyam Potong

Oke sekian bahan keanekaragaman hayati tingkat gen beserta contohnya, agar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel bermanfaat dari blog sederhana aku ini ya…