Jumlah Orang Gemuk di Jakarta Indonesia dengan Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Ibukota negara Indonesia yaitu Kota DKI Jakarta ialah kota yang paling padat penduduknya di negara ini.  Ada sekitar 10 juta orang tinggal di Jakarta dan jikalau digabung bersama kota-kota yang ada di sekitarnya maka mampu melonjak tajam menjadi sekitar 28 juta jiwa.  Kota Jakarta merupakan kota yang menjadi sentra perekonomian di Indonesia alasannya ialah sebagian besar uang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia atau yang disingkat HISOBI menyatakan bahwa jumlah orang Jakarta yang terkena penyakit sindrom metabolik yang merupakan salah satu penyebabnya ialah obesitas jumlahnya cukup banyak, yaitu kurang lebih 33% dari total penduduk Kota Jakarta.  Jumlah bawah umur Jakarta yang mengalami kegemukan kurang lebih 19,6% itu berarti sekitar hampir seperlima anak orang Jakarta mengalami kelebihan berat tubuh alias kegemukan.  Berarti jumlah anak Jakarta yang memiliki berat tubuh ideal dan orang yang kurus (underweight) ialah sekitar 80,4% atau empat perlima penduduk DKI Jakarta.

Jumlah orang gemuk di Jakarta menurut suatu studi FKUI ialah sekitar 67%.  Jika jumlah penduduk Provinsi DKI Jakarta ialah kurang lebih 10 juta orang, maka jumlah banyaknya orang yang diperkirakan mengalami obesitas atau kegemukan ialah sekitar 6,7 juta orang.  Sedangkan warga yang berat badannya normal (ideal) dan ditambah dengan warga yang kekurangan berat tubuh (underweight) jumlahnya sekitar 3,7 juta orang.  Walaupun menyedihkan namun masih lebih baik dari negara Meksiko yang 70% warga negaranya obesitas.