Jumlah Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Manusia Dalam Sehari

Setiap insan membutuhkan tidur setiap hari untuk mengistirahatkan jiwa dan raga setelah melaksanakan banyak sekali acara hidup seharian.  Jika insan tidak tidur maka secara fisik maupun mental mampu terganggu.  Bahkan seseorang mampu menemui ajalnya bila tubuhnya terus-menerus dipaksa untuk terus-menerus terjaga untuk melaksanakan acara hidup.  Namun memang ada orang-orang tertentu yang memang sanggup tidak tidur sama sekali dalam jangka waktu yang lama tanpa efek samping apa pun walaupun sangat langka.

Secara umum seorang insan harus tidur selama sekitar 7 hingga 8 jam setiap hari.  Dengan tidur yang cukup seseorang dapat lebih optimal dalam mengembalikan kondisi fisik dan mental dalam kehidupan sehari-hari.  Variasi dari waktu lama tidur insan yaitu berkisar antara 4 hingga dengan 10 jam perhari.  Pada umumnya bila seseorang mengalami kekurangan waktu tidur maka akan dapat berimbas kepada kualitas hidup sehari-hari.  Secara genetika, wanita tiga kali lebih banyak mengalami kurang tidur dari pria.

Mengingat pentingnya tidur dalam tempo waktu yang cukup maka hendaknya kita selalu menjaga lama waktu tidur kita biar jangan hingga kekurangan dan juga biar tidak hingga terlalu berlebihan.  Tidak yang terlalu banyak juga mampu meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang dapat membuat penderitanya menderita.  Dengan menerapkan teladan tidur yang baik dan benar (normal) maka hidup pun akan dapat menjadi lebih baik, baik di dikala ini maupun yang akan datang.