Jumlah Kartu KIP Yang Sudah Dicetak dan Dikirim Oleh Kemdikbud

Sahabat operator dapodik maupun pembaca setia blog yang masih berbahagia. Perlu kiranya pada postingan kali ini admin memberikan informasi penting yang masih ada hubungannya dengan Program Indonesia Pintar (PIP). Karena batas pengambilan Data KIP ialah tanggal 15 September 2016. Informasi ini ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA dan SMK, Operator Dapodik dan juga masyarakat Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bersama Program Indonesia Pintar melalui KIP ialah pemberian pertolongan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu, yang merupakan bab dari penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang bisa serta mendorong keberlanjutan pendidikan anak dari keluarga kurang mampu, pemerintah memperluas cakupan pemberian pertolongan tunai pendidikan melalui Program Indonesia Pintar. Dengan cakupan yang lebih luas, Pemerintah berusaha menjangkau anak putus sekolah dari keluarga kurang bisa biar mau kembali melanjutkan pendidikannya. Nah Program pertolongan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar ini ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa/anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan sebagai penanda/identitas untuk menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang bisa terdaftar sebagai peserta pertolongan ini baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI sampai anak lulus SMA/SMK/MA) maupun melalui jalur pendidikan informal dan non formal.

Berapa Jumlah Kartu KIP Yang Sudah Dicetak dan Dikirim Oleh Kemdikbud?

Berdasarkan data yang ada di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, per bulan Agustus 2016 KIP yang telah dicetak dan dikirimkan ialah sebagai berikut:

  1. SD telah di cetak dan dikirimkan sebanyak = 10.360.614 KIP
  2. SMP telah di cetak dan dikirimkan sebanyak = 4.369.968 KIP
  3. SMA telah di cetak dan dikirimkan sebanyak = 1.367.559 KIP
  4. SMK telah di cetak dan dikirimkan sebanyak = 1.829.167 KIP

Jadi Jumlah nya setelah di total ialah sebanyak 17.927.308 KIP

Pencetakan KIP didasarkan pada data hasil kolaborasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Sosial (Kemensos). Harapannya KIP yang telah dicetak dan dikirimkan untuk dapat segera digunakan dan dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

Dan untuk mendukung biar pemanfaatan KIP dapat lebih sempurna sasaran dan sempurna penggunaan/pemanfaatan maka Kemendikbud melaksanakan validasi data KIP melalui sistem pendataan Dapodik. Untuk itu semua pihak, baik Dinas Pendidikan Propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan segenap stakeholder sekolah untuk segera mendorong siswanya yang telah memiliki/mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk segera melaporkan dan selanjutnya di data melalui Aplikasi Dapodik 2016. Pendataan yang dimaksudkan ialah dengan mengentrykan nomor KIP dan memvalidasi nama yang tertera di KIP, hal ini untuk mengetahui kesesuian nama yang tertera di KIP dengan nama yang terdata di Dapodik dan apabila ditemukan perbedaan/kesalahan maka akan menjadi ajuan untuk dicetak ulang. Pendataan di Dapodik ini juga dilakukan untuk menjaring siswa-siswa yang layak untuk menerima KIP akan tetapi ketika ini belum menerima KIP. Teknis/tata cara pengisian data KIP di dalam Aplikasi Dapodik 2016 dijelaskan dalam Panduan Pengisian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pada Aplikasi Dapodik yang dilampirkan pada gosip ini.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 17/D/KU/2016 Tentang Pendataan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pada Aplikasi Dapodik. Mengingat penting dan mendesaknya data terkait KIP ini, maka pendataan dan validasi data KIP pada Aplikasi Dapodik 2016 untuk seluruh siswa (SD, SMP, SLB, SMA, SMK) harus sudah dikirimkan/disinkronisasi paling lambat pada tanggal 15 September 2016 pukul 23:59 WIB.

Demikian info terkait wacana KIP dan PIP yang biasa admin share. Terima kasih

sumber: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/validasi-dan-cut-off-data-kip