Juknis Penulisan Ijazah MI, MTs, Ma, Terbaru 2016

Sahabat guru, Kita semua tahu bahwa Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN) merupakan salah satu dokumen negara yang diperoleh penerima didik setelah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, oleh alasannya itu kebenaran data dan isu yang tercantum di dalamnya mutlak diperlukan

Selain itu, dalam rangka meningkatkan ketepatan, kebenaran dalam penulisan dan pengisian blanko Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN), perlu mengatur petunjuk teknis penulisan dan pengisian blanko Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN)

Untuk itulah melalui goresan pena ini Kami bagikan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor Tahun 2016 perihal Petunjuk Teknis Penulisan Dan Pengisian Blanko Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (Mi), Madrasah Tsanawiyah (Mts), Madrasah Aliyah (Ma) Dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (Shuambn) Madrasah Tsanawiyah (Mts), Madrasah Aliyah (Ma) Tahun Pelajaran 2015/2016

Petunjuk Khusus Penulisan dan Pengisian Ijazah Halaman Depan 1. Pengisian Nomor, diisi berturut-turut dengan aba-aba jenjang satuan pendidikan, nomor urut madrasah penyelenggara, aba-aba Provinsi dan Kabupaten/Kota, penjabaran surat Kemenag, nomor urut Ijazah yang diterbitkan oleh madrasah penyelenggara, tahun diterbitkan ijazah.

Contoh :
MI.08 /01.12/PP.01.1/001/2016
Untuk MI di Kota Banda Aceh Provinsi Aceh
MTs.05/02.19/PP.01.1/001/2016
Untuk MTs di Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara
MA. 02/11.02/PP.01.1/001/2016
Untuk MA di Kota Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta
Penjelasan:

1) MI, MTs, MA : menawarkan aba-aba jenjang satuan pendidikan
2) Nomor setelah aba-aba jenjang pendidikan (contoh 08, 05, 02) menawarkan nomor urut madrasah Penyelenggara Ujian yang ditetapkan melalui surat keputusan Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota dan/atau surat keputusan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.
3) Empat digit yang dipisahkan oleh tanda titik setelah garis miring yang pertama, menawarkan aba-aba provinsi (contoh 01 = Provinsi Aceh) dan kabupaten/kota (contoh 12 = Kota Banda Aceh).
4) Kode setelah garis miring kedua (PP.01.1) menawarkan Klasifikasi Surat Kementerian Agama. (ditulis mengikuti contoh)
5) Tiga digit setelah garis miring yang ketiga, menawarkan nomor urut Ijazah yang diterbitkan oleh madrasah penyelenggara. (contoh : 001) untuk nomor urut Ijazah pertama.
6) Angka 2016 setelah garis miring yang keempat menawarkan tahun diterbitkan Ijazah.
2. Daftar Kode Provinsi berdasarkan KMA Nomor 8 Tahun 2016, sebagaimana terlampir dalam lampiran.
3. Nama Madrasah ditulis Nama Madrasah yang berhak mengeluarkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur madrasah yang bersangkutan. Contoh : MA Negeri 1 Jakarta (untuk madrasah negeri) MA Nurul Iman Jakarta (untuk madrasah swasta)

Berikut teladan penulisan blangko ijazah depan MI, MTs, Ma, Terbaru 2016

gambar teladan penulisan Ijazah MI, MTs, Ma, Terbaru 2016

Demikianlah perihal petunjuk penulisan ijazah MI, MTs, Ma, Terbaru 2016. Untuk lebih jelasnya silahkan download juknisnya DISINI. Nah, Berikutnya silahkan lihat juga teladan blangko ijazah dan SHUAMBN 2016, DISINI, sekian dan terima kasih