Juknis Bantuan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK SD Tahun 2016

Download Juknis Bantuan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK SD Tahun 2016 – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Tik) yang sangat pesat menawarkan dampak positif bagi pengembangan pembelajaran di sekolah. Penggunaan TIK dalam acara pembelajaran telah menjadi suatu kebutuhan bagi peserta didik baik ketika ini maupun dimasa yang akan datang. Karena penggunaan TIK dalam pembelajaran baik oleh guru maupun pendidik merupakan media untuk menunjang efektivitas efisiensi mutu pendidikan.

Sejalan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan, mulai tahun 2013 pemerintah secara bertahap memberlakukan kurikulum 2013 pada sekolah dasar (SD) dengan merealisasikan pembelajaran yang berorientasi pada bagaimana peserta didik bisa berkreasi memecahkan masalah. Oleh alasannya itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreatifitas serta berfikri kritis harus diaplikasikan dalam setiap acara pembelajaran.

Dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran tersebut, diharapkan sarana pendukung yang memadai diantaranya berupa sarana pembelajaran berbasis TIK. Sebagaimana yang anda ketahui, pemberian pembelajaran berbasis TIK mulai diberikan pada tahun 2011, sasaran pemberian TIK sebanyak 20.000 SD, kemudian pada tahun 2012 sebanyak 342 SD, tahun 2013 500 SD, tahun 2014 3.220 SD, tahun 2015 sebanyak 2.285 SD. sehingga jumlah SD yang telah menerapkan pembelajaran berbasis TIK sebanyak 63.667 SD. Namun hingga dengan tahun 2016 sarana pembelajaran berbasis TIK masih kurang memadai. Direktorat pembinaan Sekolah Dasar secara bertahap berupaya memenuhi kebutuhan sarana pembelajaran berbasis TIK dalam bentuk pemberian peningkatan mutu pembelajaran TIK.

Pada tahun anggaran 2016, salah satu acara Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yaitu Bantuan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK bagi SD. Bantuan tersebut sebagai upaya strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan sehingga mutu pendidikan di sekolah dasar dapat meningkat.

gambar unduh Juknis Bantuan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK SD Tahun 2016

Adapun tujuan pemberian pemberian Sarana Pembelajaran Berbasis TIK SD Tahun 2016 yaitu untuk

  • Meningkatkan mutu layanan pendidikan di SD;
  • Menyediakan peralatan pendidikan berbasis TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di SD;
  • Melengkapi peralatan pendidikan TIK untuk mendukung pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran di SD.

B. Jenis Bantuan

  • Laptop (berikut perangkat lunak sistem operasi, aplikasi perkantoran, dan perangkat lunak pembelajaaran);
  • Proyektor;
  • Printer Multifungsi;
  • Modem Router Wi-Fi;
  • Speaker Aktif.

C. Prinsip Dasar Pemberian Bantuan

  • Kegiatan ini dilaksanakan di satuan kerja Direktorat Pembinaan SD dengan mekanisme e-purchasing berdasarkan katalog elektronik (e-catalog);
  • Bantuan berupa barang dengan jumlah sebagaimana disebutkan diatas secara utuh dan lengkap yang diterima oleh akseptor pemberian tanpa dikenakan biaya apapun;
  • Bantuan ini dikelola secara efisien, efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan baik fisik, manajemen maupun keuangan.

D. Persyaratan Penerima Bantuan Sarana Pembelajaran TIK SD Tahun 2016/2017

Bantuan akan diterimakan ke sekolah dasar negeri / Swasta, namun dengan persyaratan sbb:
  1. Memiliki ijin operasional dan terakreditasi;
  2. Memiliki jaringan listrik;
  3. Sekolah berdiri di atas lahan yang tidak bermasalah;
  4. Memiliki minimal 6 rombel;
  5. Memiliki Kepala Sekolah definitif;
  6. Memiliki Komite sekolah (SK);
  7. Belum memiliki sarana pembelajaran lengkap;
  8. Belum pernah mendapatkan pemberian yang sejenis (APBN/ABPD/DAK dari tahun 2013 s.d. 2016

Nah pada juknis semua lampiran sebagai syarat mendapat pemberian ini sudah disediakan yang terdiri dari lampiran 1 data hasil seleksi dan verifikasi calon SD akseptor bantuan, format anjuran sd akseptor bantuan, Surat pernyataan Tanggung jawab mutlak beserta lampiran SPTJM, Laporan penerimaan pemberian sarana pembelajaran berbasis TIK, info program serah terima, laporan pengiriman dan penerimaan barang, dan yang terakhir yaitu spesifikasi barang. Nah untuk lebih jelasnya silahkan unduh melalui tautan yang kami sematkan dibawah

Download Juknis Bantuan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK SD Tahun 2016.pdf – Disini

Info lainnya

Demikian share Juknis Bantuan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK SD Tahun 2016. Semoga bermanfaat bagi sekolah dasar.