Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi Lengkap

Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi

1.Batuan Beku
Magma  yang mendingin dan mengeras akan membentuk batuan beku. Batuan beku terbentuk disepanjang tepi lempeng tektonik daerah magma keluar dari dalam bumi. magma dapat keluar dipermukaan bumi melalui kawah gunung api. Batuan beku dibedakan menjadi 3 yaitu :

  • Batuan beku dalam (plutonik), Terbentuk dari pembekuan magam secara perlahan dikala magma masih berada dalam bumi. Pembekuan magma yang lambat menghasilkan kristal-kristal mineral batuan berukuran besar. pola nya granit, diorit, dan gabro.
  • Batuan Beku Gang (Korok), Terbentuk dari pembekuan magma dilorong antara dapur magma permukaan bumi. Pembekuan magma berlangsung lebih cepat sehingga kristal-kristal mineral batuan besar dan kecil. pola batuan nya granit porfir.
  • Batuan Beku Luar (Lelehan), Yaitu terbentuk dari pembekuan dari magma secara cepat setelah magma hingga dipermukaan bumi. Akibatnya, Kristal-kristal mineral yang terbentuk berukuran kecil, besar, pola nya batuan baslat, andesit, zeolit, obsidian, riolit, dan kerikil apung.
2. Batuan Endapan (Sedimen) 
Pengendapan material hasil pengikisan menghasilkan batun sedimen atau batuan endapan. Material hasil pengikisan terangkut dan terendapan oleh tenaga angin, air, atau gletser. Batuan sedimen tersebar luas dipermukaan bumi. Sekira 70% batuan dipermukaan daratan berupa batuan sedimen. Batuan Sedimen  dapat dijumpai sebagai endapan sungai atau danau.

3. Batu Malihan (Metamorf)
Tekanan dan suhu yang tinggi dari dalam bumi dapat membentuk batuan malihan. Tekanan dan suhu yang tinggi bisa menempatkan dan meremukan batuan beku dan batun endapan. Tempratur dan tekanan menimbulkan tekstur dan struktur batuan berubah sehingga membentuk batuan baru. pola batuan malihan yakni batuan marmer berasal dari kerikil kapur, antrsit berasal dari kerikil bara muda (lignit), Batu sabak (Slate) berasal dari kerikil lempung, kerikil kuarsit berasal dari kerikil pasir.

Itulah ulasan dari jenis jenis batuan pembentuk kerak bumi. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih 🙂

Baca Juga:  Pengertian dan Proses Daur Air