Jawaban Mendikbud Ketika Ditanya Tentang Kurikulum 2013

Baru-baru ini beredar info ihwal pernyataan dirinya sebagai menteri pendidikan juga merasa galau terkait masih diberlakukannya kurikulum 2013 tersebut. Nah terkait dengan info ini, maka blog mencoba mencari-cari sumber kebenaran info ini, lah mampu saja beritanya hoak kan. Sebab, ketika ini aneka macam situs yang membagikan berita-berita pendidikan yang belum mampu dipercaya kebenarannya, alasannya sering terbukti media suka melebih-lebihkan. Usut punya usut ternyata info ihwal Jawaban mendikbud ini sudah lama di publikasikan dan di hebohkan kembali di tahun 2016. Sumber info ini yakni situs http://bali.tribunnews.com/ dana diposting pada hari Sabtu, 14 November 2015 19:57, untuk lebih jelasnya mengenai kebenaran info ini, berikut screenshotnya.

gambar sumber info mendikbud

Benarkah info tersebut? Bahwa Bapak Mendikbud Indonesia Anies Baswedan galau ketika ditanya ihwal kurikulum 2013. Baiklah untuk menghilangkan rasa penasaran anda, berikut kami tuliskan berdasarkan yang kami kutip dari web resminya

gambar info Mendikbud ihwal kurikulum 2013

Sembari tersenyum mendengar keluh kesah dari siswa SMKN 4 Denpasar tersebut, Anis Baswedan mengatakan bahwa bukan hanya dikalangan siswa, bahkan dirinya sebagai menteri pendidikan juga merasa galau terkait masih diberlakukannya kurikulum tersebut. “K 13 (Kurikulum 2013) galau ya? sama saya juga bingung.

Jadi saya jelaskan bahwa kecenderungan pendidikan di Indonesia setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum. Saat saya bertugas, K 13 ini gres diterapkan 3 bulan, saya dilantik di bulan Oktober, jadi gres dari bulan Juli, Agustus, September kurikulum ini berjalan. Kemarin ada dua problem apakah saya menggantinya, atau tetap melaksanakannya dengan semua permasalahannya, alasannya selama ini kecenderungan di Indonesia ganti menteri ganti kurikulum,” ujarnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengatakan bahwa permasalahan Kurikulum 2013 ini merupakan permasalahan yang sangat besar, bahkan kalau dilakukan evaluasi untuk dirubah ini ibarat memutar kapal tanker. “Jadi memang ada masalah di K 13 bahwa ini yakni problem yang besar, bila ini dilakukan evaluasi, andaikata kita mau merubah ini, ibarat merubah arus kapal tanker dan tidak mampu eksklusif merubah arah, nanti kapalnya mampu tenggelam,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk sebagian besar belahan dunia khususnya di negara maju, bahwa diharapkan waktu dari 5-6 tahun untuk merubah kurikulum. Sedangkan di Indonesia kebanyakan hanya butuh satu tahun untuk merubah kurikulum.

Demikian info kurikulum 2013 terbaru, semoga menjadi ide untuk pendidikan indonesia semoga lebih baik lagi kedepannya. berikutnya jangan lupa pelajari lebih lanjut ihwal Perubahan Kurikulum 2013 terbaru Disini

sumber