Jaringan pada Tumbuhan Struktur dan Fungsinya

Hai teman semua kali ini saya mau membuatkan sedikit ilmu lagi nih, kali ini yaitu bahan kelanjutan dari bab biologi sebelumnya, jadi yang akan kita bahas yaitu Jaringan pada Tumbuhan Struktur dan Fungsinya.

Makara jaringan yang akan kita bahas kali ini, bukan jaringan internet ya tapi jaringan pada tumbuhan…
Memahami struktur badan kita memang penting semoga kita bisa lebih tahu banyak sekali hal yang ada dalam badan kita dan senantiasa merawatnya dengan baik.

Kita kembali ke topik, jaringan merupakan susunan kedua setelah sel atau bisa disebut kelanjutan dari sel. Tapi untuk lebih jelasnya, silahkan lanjutkan membaca ya…

Apa itu Jaringan?

Jaringan yaitu sekelompok sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Makara jaringan itu bisa disebut sebagai perkumpulan dari sel, nah bila kalian belum tahu apa itu sel, silahkan baca dulu mengenai pengertian sel semoga lebih paham.

Jika sudah, mari kita lanjut. Makara jaringan itu hanya dimiliki oleh organisme yang memiliki banyak sel, alasannya namanya saja kumpulan dari sel, jadi ya selnya harus banyak dong..

Nantinya akan ada juga kumpulan dari jaringan tumbuhan yang akan membentuk organ-organ pada tumbuhan, tapi sebelum itu kita bahas dulu jenis-jenis jaringan pada tumbuhan.

Jenis-Jenis Jaringan pada Tumbuhan

Jika didasari pada kemampuan membelahnya, jaringan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu jaringan meristem dan jaringan remaja (jaringan permanen). Nah selanjutnya kita akan kupas satu persatu semoga lebih jelas.
  • Jaringan Meristem
Jaringan pada Tumbuhan Struktur dan Fungsinya

Jaringan meristem merupakan jaringan yang berkemampuan untuk melaksanakan pembelahan terus menerus tanpa batas. Sel penyusun jaringan ini bersifat embrional. Ciri-ciri jaringan meristem yaitu dinding sel yang tipis, vakuola kecil, nukleus atau inti selnya besar, dan selnya kecil-kecil.

Jaringan Meristem dikelompokkan menjadi asal terbentuknya dan letaknya. Masing-masing kelompok itu masih dibagi lagi menjadi beberapa lagi. Simak baik-baik.

» Berdasarkan asal Terbentuknya
Dibedakan menjadi 2 yaitu meristem primer dan meristem sekunder.

Meristem Primer, merupakan jaringan hasil perkembangan sel-sel embrional, misalnya ujung batang, ujung akar, dan kuncup. Pertumbuhan dari batang dan akar yang menjadi panjang disebut dengan pertumbuhan primer.

Meristem Sekunder, berasal jaringan remaja yang mengalami penurunan. Pengaruh dari meristem sekunder yaitu membuat badan tumbuhan menjadi besar yang disebut dengan pertumbuhan sekunder.

» Berdasarkan Letaknya
Dibagi menjadi tiga yaitu sebagai berikut :
Meristem Apikal, terdapat diujung akar dan ujung batang.
Meristem Interkalar, berada diantara jaringan dewasa, yaitu di pangkal ruas batang rumput.
Meristem Lateral, letaknya sejajar dengan permukaan organ, contohnya di kambium dan kambium gabus.

Baca juga materi wacana kromosom, gen dan dna

  • Jaringan Dewasa (Jaringan Permanen)
Jaringan remaja yaitu jaringan yang sudah tidak mengalami penurunan atau diferensiasi lagi dan tidak bisa melaksanakan pembelahan lagi. Dibedakan menjadi 5 yaitu epidermis, parenkim, penyokong, pengangkut, dan gabus.
Jaringan yang ada pada Tumbuhan
  1. Jaringan Epidermis, disebut juga sebagai jaringan pelindung alasannya letaknya dibagian terluar dari tumbuhan. Karena letaknya di episode terluar, maka jaringan ini memiliki fungsi untuk melindungi.
  2. Jaringan Parenkim, disebut juga jaringan dasar yang menempati hampir semua episode badan dari tumbuhan. Fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan.
  3. Jaringan Penyokong, dibedakan menjadi 2 yaitu kolenkim dan sklerenkim. Kolenkim fungsinya untuk menyokong tumbuhan yang masih muda atau dalam proses pertumbuhan, sedangkan sklerenkim fungsinya untuk menguatkan tumbuhan yang sudah dewasa.
  4. Jaringan pengangkut, terdiri dari xilem dan floem.
    Xilem fungsinya untuk mengangkut air dan zat hara dari dalam tanah diangkut menggunakan akar menuju ke episode atas tumbuhan yaitu daun untuk melangsungkan proses fotosintesis

    Floem fungsinya untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun keseluruh badan tumbuhan.

  5. Jaringan Gabus, fungsinya untuk melindungi tumbuhan dari kehilangan air atau mineral berharga lainnya yang diharapkan tumbuhan.
Nah itu ia Jaringan pada Tumbuhan Struktur dan Fungsinya, untuk pembahasan struktur jaringan tumbuhan yang lebih detail, kita akan membahas pada artikel berikutnya. Sekian dan Terima Kasih.

Berikut video yang berkaitan dengan jaringan pada tumbuhan. Silahkan disimak