Jangan Mengikuti Apa Kata Kebanyakan Orang Karena Bisa Sesat!

Dalam hidup kita hendaknya kita selalu waspada dengan pengaruh-pengaruh yang mampu menyesatkan pemikiran kita.  Jika pemikiran sudah sesat maka perilaku pun mampu menyimpang dari kebenaran.  Hal ini tentu kita tidak inginkan bersama.  Terkadang tanpa kita sadari kita telah mengadopsi pengaruh negatif dari lingkungan sekitar kita, komunikasi jarak jauh, dan juga melalui media massa.

Apa yang ketika ini berlaku dalam kehidupan masyarakat kita belum tentu benar semua.  Tentu ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kebenaran yang telah ditetapkan semenjak dahulu kala.  Atas nama modernisasi, emansipasi, toleransi, gengsi, efisiensi, dan lain sebagainya kebenaran yang hakiki diubah, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi.

Itulah sebabnya mengapa kita harus selalu berhati-hati dengan apa yang kita lihat, kita dengar, kita rasakan karena belum tentu sesuai dengan kebenaran yang ada.  Jika ada yang tidak sesuai atau meragukan tentu kita harus lihat kembali kebenaran yang telah ada, adalah lewat pedoman agama yang telah baku.  Dalam pemikiran Islam tentu harus kita bandingkan dengan Al-Quran dan Sunnah Rosul.  Yang bertentangan hendaknya kita tinggalkan dan kita lawan, sedangkan yang telah sesuai kita pertahankan dan bahkan bila mampu kita sempurnakan menjadi lebih baik lagi.