Invers Matriks 3X3 2X2 Soal dan Pembahasan

Yo apa kabar? kali ini saya mau membuatkan bahan wacana Invers Matriks 2×2, Invers Matriks 3×3 beserta Soal dan Pembahasan. Nah bahan ini merupakan bahan matematika yang diajarkan saat SMA. Untuk matriks invers 3×3 sendiri diajarkan pada kelas 12 SMA.

Nah sebelumnya saya juga pernah membahas beberapa bahan matriks matematika, berikut daftarnya dan ingat ya, bahan ini saling berkaitan, jadi bagi yang belum paham silahkan dibaca-baca artikel saya dibawah ini.

Nah kalau sahabat sudah paham beberapa bahan diatas, silahkan lanjut membaca artikel Invers Matriks ini, kalau yang belum paham atau sudah lupa silahkan baca terlebih dahulu artikel-artikel diatas. Oke eksklusif saja kita mulai pembahasan wacana Invers Matriks soal dan pembahasan…

Invers Matriks Soal dan Pembahasan

# Invers Matriks Ordo 2X2
Nah pertama yang akan kita bahas yaitu bagaimana cara mencari invers matriks ordo 2X2. Jadi, invers suatu matriks biasanya dilambangkan dengan nama matriks (biasanya berupa aksara kapital) dan dipangkatkan -1. Untuk lebih jelasnya kita ambil teladan nama matriknya yaitu matriks A, maka invers dari matriks A mampu ditulis A-1.
Nah untuk rumus invers matriks sendiri mampu dilihat dibawah ini :

Rumus Invers Matriks 2x2

Syarat untuk terjadinya Invers Matriks 2X2 yaitu kalau det A  0. Jika det A  0, matriks A disebut matriks nonsingular, sedangkan kalau det A = 0, matriks A disebut matriks singular.

Nah gimana sob, udah mudeng atau malah mubeng heheheheheh. Nah untuk lebih jelasnya lagi nanti pada tamat artikel saya akan menyediakan teladan soal dan pembahasannya berkaitan dengan invers matriks ini, jadi simak terus ya.

# Invers Matriks Ordo 3X3

Nah untuk invers matriks 3×3 ini cukup rumit daripada invers matriks 2×2 diatas. Tapi disini saya akan membuatnya lebih simpel sehingga sahabat semua mampu memahaminya dengan baik. Oke eksklusif saja kita mulai pembahasannya.

Misalkan matriks A berordo 3×3, maka invers dari matriks A atau A-1 bisa ditulis :

Rumus Invers Matriks 3X3

Untuk mencari determinan matriks 3×3 sudah pernah saya bahas pada artikel diatas, jadi bagi yang lupa mampu membaca artikel saya sebelumnya. Nah alasannya determinan saya anggap sudah pada paham, selanjutnya saya akan membahas cari mencari Adjoin atau Adj matriks.

Cara Mencari Adjoin Matriks :

Invers Matriks 3x3

Maksud gambar diatas yaitu kalau misalnya kita mencari elemen kolom satu baris satu, maka kita tutup kolom satu baris satu, nah yang angka-angka yang tidak ketutup kita determinankan. Begitu seterusnya untuk mencari elemen pada kolom dan baris selanjutnya.

Oke saya anggap sahabat semua sudah paham ya sekarang wacana invers matriks ordo 3X3, kalau belum terperinci silahkan diulang-ulang lagi dan dicermati baik-baik. Selanjutnya untuk memperkuat pemahaman sobat, saya akan menunjukkan teladan soal invers matriks dan juga pembahasannya.

Contoh Soal Invers Matriks 3X3 dan Pembahasannya

Contoh Soal Invers Matriks
Nah itu ia artikel kali ini mengenai matriks invers, biar bermanfaat ya.