Inilah Cara Menuju Pelabuhan Gresik dan Transportasi Menuju Pelabuhan Gresik

Pelabuhan Gresik merupakan pelabuhan Penyeberangan central penghubung antara Pulau Jawa (Kab. Gresik) dengan Pulau Bawean.

Selain itu untuk menyeberang ke Pulau Bawean Sobat juga mampu menyeberang lewat pelabuhan Paciran yang ada di Lamongan. Namun, untuk menuju Pelabuhan Gresik ini teman harus paham angkutan Transportasi yang melewati Pelabuhan Gresik ini.

Pelabuhan Gresik yang milik PT. Pelindo 3 ini merupakan pelabuhan barang dan jasa penyeberangan menjadi pilihan alternatif masyarakat. Bagi yang ingin berwisata atau Backpackeran ke Bawean pasti mau tidak mau melewati Pelabuhan Gresik.

Agar teman tidak bingung, aku akan sedikit memaparkan Transportasi Angkutan Umum menuju Pelabuhan Gresik.
Dari Jakarta/Pantura hingga  Babat – Lamongan Kota

Jika teman dari (Jakarta , Cirebon, Indramayu, Brebes, Pekalongan, Semarang, Jepara, Rembang, Kudus tuban, atau tempat Pantura) pastikan jalur yang teman tempuh melewati Kota Babat – dan Kota Lamongan.
Karena Kota Babat dan Kota Lamongan merupakan kota sebelum memasuki Kota Gresik dari arah Barat. Jika teman memasuki Gapura Kota Gresik untuk menuju Pelabuhan Gresik teman lurus saja mentok.

Di ujung jalan teman akan menemukan masjid Agung nah, Setelah itu Sobat Belok kiri ikuti saja jalan hingga ketemu Perempatan Sunan Giri (Perempatan yang kalau belok kanan ke Sunan Giri) Sobat belok saja ke kiri Mentok hingga ketemu Pasar Gresik. Jika teman ketemu Pasar Gresik Sobat lurus saja ke arah utara ikuti jalan dan hingga lah di kiri jalan Pelabuhan Gresik.
Jika Sobat Memasuki Kota Gresik menggunakan Bis, untuk menuju Pelabuhan Gresik Sobat mampu turun di Terminal Bunder Terminal pintu masuk Kota Gresik.

Jika teman sudah turun di Terminal Bunder mampu teman naik Angkot Menuju Pelabuhan Gresik. Kalau teman turun di terminal bunder ini sangat bersahabat sekali dengan Pelabuhan Gresik.
Selain itu teman juga mampu turun di Terminal Osowilangon Surabaya Barat, lalu naik angkot SG Surabaya-Gresik turun di Pelabuhan Gresik.

Kapal Express menuju Bawean

Dari Trenggalek, Tulungagung Sampai Jombang, Mojokerto
Jika Sobat dari arah Trenggalek ikuti jalur ke Tulungagung – Kediri – Nganjuk – Kertosono – Jombang – Krian – Legundi – Pertigaan Boboh Menganti Belok kiri, setelah melewati jembatan morowudi bertemu pertigaan Sobat Belok Kanan mentok hingga Cerme lalu Bunder.

Setelah bertemu terminal Bunder teman mampu belok kanan. Jika teman memasuki Gapura Kota Gresik untuk menuju Pelabuhan Gresik teman lurus saja mentok.

Di ujung jalan teman akan menemukan masjid Agung nah, Setelah itu Sobat Belok kiri ikuti saja jalan hingga ketemu Perempatan Sunan Giri (Perempatan yang kalau belok kanan ke Sunan Giri) Sobat belok saja ke kiri Mentok hingga ketemu Pasar Gresik.

Jika teman ketemu Pasar Gresik Sobat lurus saja ke arah utara ikuti jalan dan hingga lah di kiri jalan Pelabuhan Gresik.

Jika Sobat menggunakan Bis, untuk menuju Pelabuhan Gresik Sobat mampu turun di Terminal Purabaya/Bungurasih. Dari terminal Purabaya naik Bus Kota P6/P7/P8 turun di Terminal Osowilangon. Setelah hingga terminal Osowilangon teman lanjut naik Angkot SG turun di Pelabuhan Gresik.
Dari Bali, Banyuwangi, Pasuruan, Malang, Purwosari, hingga Sidoarjo Surabaya

Jika teman dari jalur pantura Bali – Banyuwangi – Situbondo – Bondowoso – Pasuruan – Purwosari – Pandaan – Sidoarjo – surabaya. Untuk menuju pelabuhan Gresik kalau teman sudah masuk kota Surabaya.Pastikan teman ambil jalur benar untuk menuju kota Gresik.
Jalur dari arah sidoarjo adalah Jl. A. Yani Lanjut – Jl. Diponegoro (depan Kebun Binatang Surabaya) – hingga Pertigaan Flyover Kupang belok kiri – menuju Margomulyo.
setelah itu pastikan hingga Pertigaan Margomulyo ambil belok kanan (Utara) lurus saja mentok lalu belok kiri.
Setelah itu teman akan melewati Terminal Osowilangon, itu berarti jalur menuju Gresik.

Setelah masuk Gapura Besar Selamat Datang Gresik, teman akan menemukan Perempatan Besar Barata. Nah, teman ambil belok kanan ya untuk menuju Peabuhan Gresik. Ikuti saja jalurnya pasti hingga Pelabuhan Gresik.

Dari Terminal Purabaya/Bungurasih

Jika Sobat menggunakan Bis, untuk menuju Pelabuhan Gresik Sobat mampu turun di Terminal Purabaya/Bungurasih. Dari terminal Purabaya naik Bus Kota P6/P7/P8 turun di Terminal Osowilangon. Setelah hingga terminal Osowilangon teman lanjut naik Angkot SG turun di Pelabuhan Gresik.

Dari Bandara Juanda

Jika teman dari Bndara Juanda untuk menuju Pelabuhan Gresik teman mampu naik Bis Damri  Juanda-Gresik turun di Terminal Bunder. Setelah itu naik angkot ke Pelabuhan Gresik.

Dari Stasiun Pasar Turi

Dari Stasiun Pasar Turi jalan dulu hingga depan PGS lalu naik angkot biru Pasar turi – wilangon – Gresik turun di Pelabuhan Gresik.

Biru telur bebek, warna angkot jurusan Pasar Turi – Pelabuhan Gresik

Dari Stasiun Gubeng

Dari Stasiun Gubeng teman harus menuju Terminal Osowilangon dulu untuk ke Pelabuhan Gresik. Caranya teman mampu naik angkot LWK. Setelah hingga terminal Osowilangon disambung naik angkot biru Surabaya Pasar Turi- Gresik turun di Pelabuhan Gresik.

Berikut tadi cara menuju Pelabuhan Gresik baik teman naik kendaraan Pribadi atau Kendaraan Umum. Jika masih belum terang teman mampu koment di kotak komentar bawah, Insyaallah aku balas.
Jangan lupa follow google plus aku ya guys.

Baca juga : Trip Backpacker ke Pulau Bawean Hanya 800 ribuan

Salam Lestari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here