Inilah 7 Tips Mudah Mencegah Osteoporosis Pada Tulang Wanita

       “Osteoporosis” mungkin anda sudah sering atau pernah mendengar istilah ini dalam hidup anda. Orang awam menyebut osteoporosis ialah gejala pengeroposan tulang ketika usia mulai cukup umur maupun menua. Para wanita dan laki-laki sama rentannya terkena osteoporosis. Meskipun begitu, kaum wanita memiliki resiko paling besar mengalami duduk perkara pengeroposan tulang tersebut. Mencegah osteoporosis semenjak dini tentu mutlak dilakukan mulai dari sekarang. Lalu, apa saja tips mencegah osteoporosis pada kaum wanita…???.

      Sahabat, tips kesehatan. Tulang merupakan bab terpenting untuk menyokong tubuh manusia. Namun, seiring usia yang terus bertambah, lambat laun tulang mengalami pengeroposan dan menjadikan tulang mudah patah. Wanita khususnya yang mulai menginjak usia 30 tahun haruslah memulai langkah kasatmata untuk menjaga kesehatan tulangnya. Latihan rutin atau olahraga serta mengkonsumsi makanan yang diperlukan tulang haruslah menjadi menu harian anda. Berikut ini 7 tips mencegah osteroporosis pada tulang wanita :

  1. Penuhi Kebutuhan Kalsium. Ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung kalsium menyerupai susu rendah lemak, keju, sayuran berdaun hijau (sayur bayam, sawi), sarden maupun sereal. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, maka dapat mencegah pengeroposan tulang anda. 
  2. Penuhi Kebutuhan Vitamin D. Vitamin D berfungsi untuk membantu proses perembesan kalsium yang diperlukan oleh tubuh anda. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D. Sumber vitamin D lainnya ialah ikan (salmon, tuna), telur serta yogurt.  
  3. Kontrol Berat Badan. Dalam hal ini, jagalah tubuh dalam berat tubuh yang dianjurkan atau proporsional. Ini dikarenakan, seseorang yang terlalu kurus beresiko mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis yang lebih besar. Konsultasikan pada dokter anda ihwal berat tubuh yang proporsinal sesuai usia anda. 
  4. Stop Dari Merokok. Menurut para peneliti dari Royal Melbourne Hospital in Australia, kebiasaan merokok beresiko besar terhadap mudahnya seseorang terkena patah tulang. Jadi, mulailah bergaya hidup sehat dengan menghindari kebiasaan buruk menyerupai merokok.  
  5. Mulailah Olahraga Rutin. Olahraga yang sangat dianjurkan untuk memperkuat tulang ialah angkat beban maupun berjalan kaki. Sedangkan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan acara tersebut ialah sekitar 30 menit setiap harinya. 
  6. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein. Minuman yang mengandung kafein dalam jumlah berlebihan dapat menjadikan mudahnya patah tulang diusia tua. Maka dari itulah, ada baiknya anda mengurangi konsumsi kopi serta aneka minuman yang mengandung kafein didalamnya.  
  7. Mulailah Melakukan Yoga. Olahraga yang menitik beratkan pada pernafasan dan kelenturan tubuh ini ternyata bisa meningkatkan kepadatan tulang di beberapa bab tubuh menyerupai kawasan pinggul dan punggung anda.

Artikel Kesehatan Lainnya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *