Info GTK Penting Untuk Sertifikasi Guru

Info GTK yakni website kemdikbud yang membantu guru melaksanakan pengecekan hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui aplikasi Dapodik. Nah, Berdasarkan info yang kami kutip dari posting fb bapak Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Ditjen Guru dan Tendik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tagor Alamsyah Harahap.

Beliau memposting Info GTK kami tutup alasannya guru yang mengirim datanya hanya mengandalkan info gtk satu satunya alat untuk melihat status data sehingga tugas guru wajib mengontrol datanya ditingkat sekolah tidak dilakukan. merasa data sudah benar padahal salah sehingga kalau sktp tidak terbit yang dipersalahkan yakni info gtk tanpa tau sebetulnya data yang dikirim salah. Contoh kemarin ada guru isi nuptk salah sehingga sk tidak terbit alasannya ketika sertifikasi nuptknya bukan itu. Ini sangat terang tidak akan nyambung. Lalu yang dipersalahkan yakni info ptk alasannya tidak mampu menampilkan data kelulusannya. Dengan demikian kami minta masing-masing harus memastikan datanya sendiri harus benar sebelum menyalahkan pihak lain. Dan info ptk sebagai alat bantu kami turup dan digantikan dengn proses cek and recek setiap field ketika entri dapodik sehingga yang lolos yakni data yang sudah benar. Mohon dinas pendidikannya juga ikut mengingatkan para guru semoga mengecek datanya sebelum dikirim.

Cara Cek Info GTK Guru SD, SMP, dan SMA 2016/2017

sumber:

gambar info GTK terbaru dari Kepala Ditjen GTK

Pemahaman Regulasi Data Yang Benar di Info GTK

sahabat GTK, 24 jam yang dientri di dapodik tidak menjamin di info ptk diakui 24 jam. kalau rombel guru mengajar ada pada rombel yang total jjm melebihi batas maksimal jjm yg diperbolehkanb ktsp, selain itu apakah mapel yang diajar sesuai dengan sertikasinya, apakah siswanya dirombel kurang dari 20 dan ada kelas paralelnya, apakah jam yang diisi sudah dikunci untuk guru lain, apakah nuptk kelulusannya sama dengan nuptk yang dientri di dapodik, dll. Tanpa info ptk kasus ini mampu dicek didapodik sekolah kalau memang aturan main dipahami. Makara jangan tergantung info ptk tapi mari kita kembali bahwa info ptk dipersalahkan alasannya faktor ketidaktauan aturan main yang sebetulnya padahal semua ada dalam peraturan.

Kepada semua pendidik dan tenaga pendidik, pesan dari beliau, isi dapodik dengan teliti dan pastikan benar dengan melibatkan guru untuk memastikan kebenaran datanya. Pahami aturan main sehingga mampu memilih ini boleh dan itu tidak boleh dilakukan. Jika itu semua kita pegang maka tidak akan berbenturan dengan aturan yang dipasang di aplikasi dan pasti selaras. Salam hormat untuk semuanya