Ikrar dan Kode Etik Guru Indonesia Format Word

Sahabat organisasi keanggotaan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang kami hormati. untuk sekedar mengingatkan saja, pada goresan pena kali ini admin ingin mempublikasikan Ikrar dan Kode Etik Guru Indonesia yang telah kami buat dalam format word untuk dicetak dan di tempel di ruang kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, ruang guru semoga selalu ingat dengan kesepakatan sebagai seorang guru atau pendidik yang peran utamanya yakni mencerdaskan anak bangsa. Untuk itulah bagi bapak dan ibu guru yang belum tahu apa “Ikrar dan Kode Etik Guru Indonesia, maka silahkan dibaca atau jikalau perlu unduh filenya melalui tautan yang admin sematkan dibawah

  • Download Ikrar dan Kode Etik Guru Indonesia.Doc – Disini
gambar Ikrar dan Kode Etik Guru Indonesia Format Word

A. IKRAR GURU INDONESIA

1. Kami Guru Indonesia, yakni insan pendidik bangsa yang beriman dan taqwa kepada Allah Yang Maha Esa.

2. Kami Guru Indonesia, yakni pengemban dan pelaksana keinginan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang Undang Dasar 1945.

3. Kami Guru Indonesia, bertekad bundar mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.

5. Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai fatwa tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara serta kemanusiaan.

B. Kode Etik Guru

  1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk insan pembangunan yang ber-Pancasila.
  2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  3. Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh berita ihwal anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara kekerabatan dengan orang bau tanah murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  5. Guru memelihara kekerabatan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
  6. Guru secara sendiri-sendiri dan atau tolong-menolong berusaha berbagi dan meningkatkan mutu profesinya.
  7. Guru menciptakan dan memelihara kekerabatan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam kekerabatan keseluruhan.
  8. Guru secara tolong-menolong memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya.
  9. Guru melakukan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Itulah aba-aba etik dan ikrar guru Indonesia yang mampu admin sampaikan. Jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon dikoreksi semoga segera kami revisi. Terima kasih