Hukum Newton 1 2 3, Bunyi Rumus dan Contoh

Hai semua kembali lagi di , nah kali ini aku akan membuatkan kepada teman semua artikel perihal hukum newton 1 2 3. Nah kita tidak hanya belajar sebatas pengertiannya saja, melainkan nanti aku juga akan membuatkan suara dari masing-masing hukum newton itu sendiri, rumus hukum newton dan juga pola untuk sobat, dengan keinginan teman semua bisa memahami apa yang aku tuliskan pada artikel ini.

Materi fisika ini seingat aku sudah teman peroleh ketika teman duduk di bangku SMP dan pada ketika SMA, materi ini juga akan dibahas dengan model yang lebih rumit dan menjadi salah satu materi yang dimasukkan dalam Ujian Nasional jikalau masih diadakan tahun depan.

Oh ya, bagi teman yang tahu aplikasi atau website untuk menuliskan rumus-rumus secara online, mampu komen dibawah, pasalnya aku masih agak kesulitan membuat rumus-rumus seperti rumus fisika ini didalam bentuk html. Itu juga yang menjadi alasan saya jarang sekali membuat artikel-artikel dengan rumus yang agak banyak alasannya aku belum tahu cara membuatnya, tapi kedepannya jikalau sudah bisa aku akan menuliskan untuk teman semua.

Tambahan, bagi sobat yang sedang mencari daerah bimbel online, aku ada nih satu bimbel yang kualitasnya OK, ya Ruangguru.com, silahkan sobat klik link tersebut dan nantinya teman akan menerima aneka macam penawaran menarik dari Ruangguru.com. Kaprikornus jangan lupa untuk  check link diatas, gak bakal nyesel deh hehehehe.

Oke pribadi saja kita mulai artikel ini.

Pembahasan Hukum Newton 1 2 3

Pembahasan Hukum Newton 1 2 3

Pertama yang perlu teman ketahui yaitu suara dari masing-masing hukum newton, silahkan simak arikel berikut ini:

# Hukum Newton 1

Bunyi Hukum Newton 1:

Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula membisu akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.

Contoh Hukum Newton 1:

  • Ketika kendaraan beroda empat sedang bergerak, kemudian direm secara tiba-tiba, maka penumpang akan terdorong kedepan.
  • Ketika kendaraan beroda empat dalam keadaan diam, kemudian digas secara tiba-tiba, maka penumpang akan terdorong kebelakang.
  • Koin yang berada diatas kertas dan diletakkan diatas meja, ketika kertas ditarik secara cepat, maka koin akan tetap.

# Hukum Newton 2

Bunyi Hukum Newton 2:

Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.

Contoh Hukum Newton 2:

  • Mobil yang memiliki massa besar ketika didorong percepatannya akan kecil daripada kendaraan beroda empat yang massanya kecil dengan menggunakan gaya yang sama besar.
  • Saat membawa suatu barang dengan massa yang besar, maka kita harus mengeluarkan gaya yang besar juga.
  • Ketika mendorong angkot, seluruh penumpang turun biar massa angkot berkurang sehingga angkot mudah untuk didorong.
# Hukum Newton 3
Bunyi Hukum Newton 3:

Jika suatu benda menunjukkan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan menunjukkan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan.

Contoh Hukum Newton 3:

  • Saat mendorong tembok, maka tembok mendorong kita dengan gaya yang sama, tetapi arahnya berlawanan.
  • Ketika mendayung, air yang terdesak oleh dayungan akan menunjukkan gaya yang besarnya kepada perahu sehingga perahu mampu maju ke depan.
  • Ketika orang berenang, tangannya yang bergerak mendayung juga mendesak air sehingga air medorong tubuh kita untuk melaju ke depan.
  • Ketika kita melempar bola lalu mengenai tanah, maka tanah menunjukkan gaya yang besarnya sehingga bola terpantul ke atas.
  • Ketika kita duduk maka kursi yang kita duduk menunjukkan gaya ke kita dengan menahan kita biar tidak jatuh.

Rumus Hukum Newton 1 2 3

Nah setelah teman mengetahui suara dari masing-masing hukum newton 1,2,3, selanjutnya kita akan belajar rumus dari masing-masing hukum newton tersebut. Nah silahkan sobat pahami dan hafalkan rumus-rumus berikut karena rumus dibawah ini merupakan rumus dasar yang mana akan sering sekali digunakan untuk menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan hukum newton itu sendiri.
⏩ Rumus Hukum Newont 1
∑F = 0
⏩ Rumus Hukum Newont 2
Rumus Hukum Newton
⏩ Rumus Hukum Newont 3
Rumus Hukum Newton 1 2 3
Nah sekian dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share jikalau memang artikel ini bermanfaat untuk teman semua. Jika ada pertanyaan, saran dan kritikan jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar dibawah, saya akan membalasnya sesegera mungkin.Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Bye-bye 🙂