Hobi Koleksi Benda/Barang yang Tidak Populer Lagi (Ditinggalkan)

Dalam kehidupan kita sehari-hari tidak terlepas dari hal-hal yang kita sukai dan hal-hal yang tidak kita sukai.  Setiap orang memiliki hal yang disuka dan hal yang tidak disuka masing-masing.  Biasanya hal-hal yang disukai seseorang disebut juga sebagai hobi.  Salah satu hobi yang banyak digemari orang yaitu hobi mengumpulkan atau mengoleksi sesuatu untuk disimpan untuk ditunjukkan kepada orang lain maupun hanya untuk dinikmati oleh dirinya sendiri.

Ada banyak benda atau barang yang mampu dikoleksi oleh seseorang, ibarat misalnya koleksi baju, jam tangan, watu mulia, koin, gantungan kunci, die-cast, kartu permainan, tutup botol, bungkus permen, handphone, kartu nama, voucher operator telepon, dan lain sebagainya.  Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda pada barang yang ingin dijadikan koleksi.  Biasanya setiap jenis koleksi benda yang populer mempunyai perkumpulan penggemarnya masing-masing.  Hobi mengoleksi benda muncul dan karam sesuai dengan masanya, namun ada juga yang tetap banyak digemari orang dari dulu sampai sekarang.

Beberapa Hobi Koleksi Yang Semakin Ditinggalkan Penggemarnya (Semakin Punah) :

1. Hobi Koleksi Perangko

Dulu ketika belum banyak yang mempunyai telepon rumah dan handphone banyak orang yang menggunakan surat untuk melaksanakan komunikasi jarak jauh.  Untuk membayar biaya kirim surat atau pun paket barang, seseorang mampu menempelkan perangko pada surat atau paket sebelum diserahkan ke petugas pos.  Perangko yaitu bukti pembayaran atas jasa pos yang dikeluarkan oleh PT. Pos Indonesia.  Saat ini perangko masih digunakan untuk pengiriman surat dan paket sehari-hari di kantor pos, namun jumlah penggunanya semakin menyusut sebab beralih ke alat komunikasi lain yang lebih modern atau menggunakan jasa pengiriman lain yang lebih terpercaya.  Dengan begitu semakin lama perangko semakin ditinggalkan dan mulai dilupakan orang khususnya generasi muda.

2. Hobi Koleksi Kartu Telepon

Dahulu orang banyak yang menggunakan kartu telepon untuk melaksanakan komunikasi di telepon umum yang menggunakan kartu khusus sebagai bentuk pembayarannya.  Saat ini sudah tidak dapat kita jumpai lagi telepon umum yang menggunakan kartu telepon.  Dengan begitu kartu teleponnya pun sudah tidak ada yang menjualnya lagi kecuali para hobiis kartu telepon.  Dulu ada aneka macam macam ragam kartu telepon yang beredar di pasaran dengan gambar yang menarik sehingga menarik banyak orang untuk mengumpulkannya dan menjadikannya sebagai koleksi pribadi.

3. Hobi Koleksi Komik / Buku / Majalah

Di masa lalu ada banyak orang yang hobi mengoleksi komik, majalah, buku, dan lain sebagainya.  Dengan berkembangnya internet maka banyak orang yang mulai gemar membaca aneka macam hal lewat internet secara gratisan.  Di internet pun juga banyak situs web atau blog yang berani menampilkan dan menunjukkan unduh gratis komik, buku dan media cetak lainnya secara digital.  Walhasil komik, majalah, koran, buku, tabloid dan aneka macam media cetak lainnya mulai kurang diminati orang untuk dibeli.

4. Hobi Koleksi Kertas Surat dan Kartu Ucapan

Nasibnya sama ibarat nasib perangko yang telah dijelaskan di atas.  Karena metode komunikasi lewat surat berkurang secara drastis tanggapan adanya metode komunikasi yang lebih murah dan efektif maka masyarakat pun semakin meninggalkan kertas surat dan kartu ucapan.  Semua telah tergantikan oleh sms, mms, email, pesan messenger, pesan pm di forum, dan lain sebagainya.

5. Hobi Koleksi Kaset / PH / LD

Bagi para penggemar musik dan film di masa lalu pasti mengenal benar media-media jadul ibarat kaset tape, piringan hitam, laser disc, dan lain sebagainya.  Karena perkembangan yang begitu pesat pada dunia media penyimpanan, media lama ibarat kaset, piringan hitam dan laser disk pun semakin ditinggalkan untuk dikoleksi.  Saat ini kaset tape dan kawan-kawan mulai tergantikan oleh media cd, vcd, dvd dan bd serta kartu memori.  Di samping itu perkembangan dunia internet yang sangat pesat membuat begitu banyak orang yang berani berbagi materi-materi lagu dan film yang memiliki hak cipta sehingga orang tidak perlu membeli bahan lagu dan film yang asli.

6. Hobi Koleksi Kartu Basket

Di masa lalu sekitar pertengahan tahun 1990-an olahraga bola basket begitu populer dan bahkan mengalahkan kepopuleran olahraga sepak bola.  Namun kini demam isu itu berbalik menjadi sepak bola yang menjadi primadona masyarakat ibukota Jakarta.  Saat ini kartu basket sudah tidak begitu diminati lagi setelah masa keemasan Michael Jordan usai.  Saat ini kartu olahraga sepakbola yang cukup digemari sebagai benda koleksi dibandingkan dengan jenis olahraga yang lainnya.  Namun tetap kalah jikalau dibandingkan dengan kartu permainan yang mampu dimainkan beberapa orang sekaligus.

7. Hobi Koleksi Gimbot (Game & Watch) dan Kaset Video Game

Pada zaman dulu sebelum ada video game orang-orang bermain game & watch alias gimbot.  banyak orang yang gemar mengumpulkan banyak gimbot sebagai koleksi dan melaksanakan tukar pinjam jikalau ingin bermain gimbot yang belum dimilikinya.  Setelah muncul video game, maka gimbot semakin ditinggalkan para pecintanya.  Di awal masa video game orang-orang banyak mengumpulkan kaset game yang mampu ditukarpinjamkan dengan orang lain yang mempunyai game yang belum dimiliki.  Namun ketika ini masa kaset game sudah lewat sehingga orang-orang mulai meninggalkan koleksi kaset video game dan berganti dengan game berbentuk cd (piringan) dan media digital lewat internet komputer atau handphone.

Itulah beberapa bentuk hobi koleksi benda yang semakin hari semakin ditinggalkan oleh para penggemarnya sehingga jumlah penghobinya semakin sedikit.  Semoga informasi yang singkat ini mampu bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.