Hikmah Puasa Ramadhan yang Wajib Sobat Ketahui

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, hai teman semua, mengingat sebentar lagi kita akan menemui salah satu bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan, maka pada artikel ini saya akan membahas perihal pesan tersirat puasa ramadhan yang wajib teman semua ketahui.

Kita tahu, puasa ialah salah satu rukun islam sempurna rukun yang ke-4. Nah kita sebagai seorang muslim wajib bagi kita untuk menjalankan yang namanya puasa. Kebanyakan dari kita hanya tahu jika puasa itu hanya sebatas menahan lapar, dahaga, dan nafsu saja, banyak yang tidak tahu pesan tersirat atau manfaat puasa Ramadhan.

Nah untuk itu semoga teman semua lebih semangat lagi puasanya, nih saya bagikan pesan tersirat dibalik puasa Ramadhan.

Hikmah Puasa Ramadhan

Hikmah Puasa Ramadhan

#1. Lebih Tahu Arti Ibadah yang Sebenarnya 
Ternyata dengan berpuasa terutama dibulan Ramadhan akan membuat kita menjadi lebih tau arti ibadah yang sesungguhnya. Sobat sendiri pasti sudah merasakannya sendiri, ya termasuk saya sendiri, saya merasa pada bulan ini ibadah saya cenderung meningkat, bukannya sombong ya tapi memang saya merasakannya sendiri.
Menurut saya orang-orang meningkat intensitas ibadahnya ketika bulan Ramadhan ialah alasannya pengaruh lingkungan juga.Ya alasannya banyak orang-orang yang ingin memperoleh pahala sebanyak-banyaknya pada bulan ini maka banyak dari mereka yang berlomba-lomba untuk menerima kebaikan.
Karena hal itulah orang lain yang sebelumnya cenderung malas beribadah termasuk saya menjadi termotivasi untuk ikut beribadah juga. Itulah kenapa saya sangat menanti-nanti bulan Ramadhan setiap tahunnya.
Contoh ibadah-ibadah sederhana yang sering saya lakukan ketika bulan Ramadhan dan jarang saya lakukan ketika bulan-bulan biasa ialah tadarus atau membaca Al-Qur’an. Ya walaupun pada bulan-bulan selain bulan ini saya juga setiap harinya menyempatkan diri untuk membaca setidaknya 10 ayat tapi pada bulan ampunan saya merasa membaca Al-Qur’an menyerupai sudah menjadi kegiatan utama bukan menyempatkan lagi.

Untuk itu saya mengajak para teman yang membaca artikel ini dan diri saya langsung mari kita sama-sama untuk meningkatkan ibadah kita, jika bisa seterusnya tidak pada bulan ini saja. Nah bagi teman yang ingin mulai membaca Al-Quran namun belum terlalu lancar, teman bisa mencari guru les yang sudah disediakan oleh Ruangguru.com, disana teman bisa mencari guru les baca Al-Qur’an melalui link yang sudah saya sediakan diatas tadi.

#2. Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Diri

Menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam ternyata juga bisa melatih badan kita untuk meningkatkan kemampuan dalam mengontrol diri. Pada bulan-bulan biasa dalam keadaan perut kosong pasti kita cukup susah dalam menjaga atau dalam mengendalikan diri kita. Bawaannya emosi dan pingin marah-marah hehehhe.

Namun berhubung dibulan Ramadhan, mau tidak mau kita harus bisa mengendalikan diri kita, soalnya kata guru ngaji saya, marah-marah ketika sedang berpuasa ternyata bisa mengurangi pahala puasa kita. Sobat pasti nggak mau kan jika puasa seharian tapi dapet pahalanya sedikit heheheh.

Untuk itu, pengendalian diri sangatlah terasah pada bulan ampunan ini. Kalau kita telaah lebih dalam lagi, memang tidak ada untungnya jika kita marah-marah atau emosi, malah kebanyakan cenderung ke hal-hal yang negatif.

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, melainkan juga menahan hawa nafsu yang mana sering kali muncul pada diri kita. Dengan menjaga nafsu kita, bisa dikatakan kita berhasil mengalahkan musuh terbesar pada diri kita pribadi.

#3. Melatih Kita Untuk Bersyukur

Hikmah puasa selanjutnya menurut saya ialah membuat kita menjadi lebih bersyukur atas nikmat yang telah Yang Mahakuasa SWT berikan kepada kita semua. Begitu besar nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita, namun terkadang kita lupa untuk mensyukurinya.

Nah pada bulan ampunan ini ialah kesempatan bagi kita untuk bisa mengucapkan syukur sebanyak-banyaknya atas segala sesuatu yang telah Yang Mahakuasa berikan kepada kita. Dari hal kecil sampai ke hal yang besar harus kita syukuri.

Sekian pesan tersirat puasa Ramadhan menurut saya, nah sekarang menurut teman semua pesan tersirat apa nih yang teman dapatkan ketika bulan Ramadhan ini, jangan sungkan untuk tuliskan di kolom komentar ya. hehehe

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.