Hand Gestures dan Maknanya

Gesture yaitu sikap atau pose tubuh  yang mengandung makna. Kita mampu menggunakan gesture untuk berkomunikasi.  Kita ketahui bahwa ada banyak sekali macam gesture. Antara lain gesture dengan menggunakan tangan, kepala, kaki, mata dan juga badan.
Gesture dengan tangan sangat sering di pakai oleh English speakers untuk berkomunikasi. Misalnya membuat symbol V dengan jari telunjuk dan jari tengah mereka yang  menandakan “peace”.
Beberapa teladan hand gestures yang biasa di pakai oleh English speakers:

1. Okay atau  OK
OK yaitu symbol positif, dimana ujung ibu jari menyentuh ujung jari telunjuk. Anda mengangkat tangan anda dan jari tengah, jari manis dan kelingking berdiri. Di AS, symbol ini membuktikan great/hebat dan perfect/sempurna. Sementara itu, jikalau di eropa, symbol ini bermakna negative. Membentuk menyerupai bulat dengan menyentuhkan ujung jari telunjuk dan ibu jari membuktikan “zero/nol”. Sedangkan di Barzil dan Jerman ini yaitu symbol gaul dan juga symbol homoseksual.
2. Stop atau Stay
 Di Amerika Serikat, stop digambarkan dengan menunjukan telapak tangan dan semua jari menunjuk ke atas. Ini membuktikan untuk berhenti baik itu berhenti berbicara, berjalan atau yang lainnya.
3. The Victoria atau Viva
 Di Amerika Serikat, symbol kemenganan diungkapkan dengan menaikan jari telunjuk dan jari tengah membentuk karakter V dan menekukkan jari kelingking dan jari manis menyentuh ibu jari. Simbol ini  dipopulerkan oleh Richard Nixon dari Amerika.  Pada tahun 60-an, para demonstran Anti-Vietnam menggunakan symbol ini sebagai tanda perdamaian dan cinta. Jika di Italia, Selandia Baru dan Irlandia, symbol V ini bermakna negative dan garang yang berarti penghinaan.
4. Pointing fingers
Gesture  ini mempunyai arti menunjukan  seseorang atau objek tertentu.  Selain itu, menunjukan jari juga mampu bermakna menyalahkan seseorang. Jika menunjukan jari tengah merukan symbol malu dan seksual.
5. Finger Curling
Di AS, symbol menyerupai ini digunakan untuk memanggil pelayan dan juga mampu bermakna rayuan. Di Singapura symbol menyerupai ini bermakna kematian. Di samping itu symbol gesture menyerupai ini juga sering dipakai untuk memanggil binatang anjing.
6. Crossing Fingers- good luck
Crossing fingers atau menyilangkan jari membuktikan antisipasi dan keberuntungan. Jari telunjuk disilangkan dengan jari tengah untuk membuktikan keberuntungan dan juga harapan.
7. Air quotes
Air quotes atau kutipan di udara dibuat dengan menaikan kedua tangan setinggi mata dan merenggangkan jari telunjuk dan jari tengah pada kedua tangan sambil berbicara. Ini berarti anda mengutif seseorang di ketika anda berbicara. Sering orang mengatakan “quote….unquote” or “quote…end quote” ketika mereka membuat gerakan ini.
Sekian gosip mengenai hand gestures ini. Semoga bermamfaat untuk kita semua. Terima kasih.
Sumber: 
Translated from: Beyond Language Intercultural Communication. Mara B. Adelma
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *