Hal/Faktor Penyebab yang Menyebabkan Hutan Menjadi Rusak Parah

Hutan ialah suatu tempat terbuka luas yang ditumbuhi oleh banyak tumbuh-tumbuhan rimbun yang menjadi tempat tinggal para binatang / hewan.  Hutan mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan insan baik secara eksklusif maupun tidak langsung.  Hutan dapat menunjukkan sumber daya alam yang cukup besar yang dapat diolah menjadi banyak sekali produk yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.  Keberadaan hutan semakin terancam oleh ulah manusia-manusia jahat yang merusak hutan demi menerima kesenangan maupun uang.  Ada banyak hal yang dapat membuat hutan jadi rusak parah, di antaranya dapat kita simak di bawah ini.

1. Pembalakan / Penebangan Hutan Secara Tidak Terencana

Kegiatan menebang pohon untuk diambil kayunya ialah hal yang biasa dilakukan oleh insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Namun apabila pohon yang ditebang lebih banyak daripada pohon yang tumbuh maka lama-kelamaan hutan akan menjadi gundul.  Hutan yang gundul akan menjadikan banyak sekali perubahan yang bersifat negatif di sekitar hutan menyerupai banjir, tanah longsor, erosi, peningkatan suhu lingkungan, kekeringan, kepunahan satwa, dan lain sebagainya.

2. Alih Fungsi Hutan Secara Serampangan

Lahan hutan yang dialihfungsikan secara masal oleh insan untuk pemenuhan kebutuhan hidup memang kerap terjadi.  Pengubahan fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian, lahan perkebunan, perumahan, kawasan transmigrasi, tempat rekreasi, dan lain sebagainya akan menunjukkan dampak yang kurang baik bagi hutan.  Keberadaan campur tangan insan sedikit demi sedikit akan memperlihatkan kesudahannya dalam jangka panjang yang biasanya berupa hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

3. Pembantaian dan Perampokan Satwa Liar Oleh Pemburu Liar

Para pemburu hewan liar baik untuk sekedar hobi maupun untuk mencari keuntungan di dalam hutan akan membawa dampat negatif bagi kehidupan satwa.  Bisa saja hewan yang tadinya terancam punah menjadi benar-benar punah secara total.  Berkurangnya suatu jenis satwa di alam liar juga akan berdampak pada keseimbangan ekosistem di alam tersebut alasannya adanya gangguan keseimbangan rantai makanan yang cukup signifikan.

4. Pembakaran Hutan Secara Disengaja

Biasanya yang menyebabkan hutan habis dilalap si hebat merah ialah alasannya adanya seseorang yang membakarnya.  Entah untuk membuka lahan atau untuk sekedar iseng yang terang dampak dari kebakaran hutan sangat buruk sekali alasannya mampu menghilangkan hutan dalam waktu yang sangat singkat serta menimbulkan asap tebal yang mengganggu kesehatan ribuan sampai jutaan manusia.

5. Penambangan Sumber Daya Alam di Wilayah Hutan

Dengan adanya tambang sudah pasti 100% hutan akan menjadi rusak besar.  Kegiatan penggalian untuk mengeruk kekayaan sumber daya alam yang ada di dalam perut bumi akan menyebabkan lubang yang sangat besar baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.  Lubang besar ini biasanya akan dibiarkan begitu saja oleh para penambang sampai ada orang yang berbaik hati memperbaikinya atau sampai alam melaksanakan koreksi alam dengan sendirinya.

6. Kurangnya Perhatian dari Pemerintah dan Masyarakat

Kurangnya kepedulian kita sudah pasti akan menyebabkan kerusakan hutan semakin parah.  Orang-orang jahat yang melaksanakan pengrusakan hutan kita biarkan begitu saja tanpa ada yang menentangnya.  Pemerintah yang memiliki kewenangan dalam menjaga kelestarian hutan juga tidak boleh hambar dan membiarkan para perusak hutan bebas begitu saja.  Dengan membuat undang-undang yang tegas dan menunjukkan hukuman yang kejam bagi perusak lingkungan hutan dibutuhkan ke depan tidak ada lagi orang yang ingin merusak hutan baik secara legal maupun secara ilegal.

Demikianlah beberapa faktor yang menjadi penyebab rusaknya hutan di planet bumi yang kita tempati sekarang ini.  Tidak ada pilihan lain untuk kita selain untuk menjaga hutan yang ada ketika ini dan yang ada di masa depan demi kelangsungan hidup umat manusia.  Terima kasih.