Hal/Faktor Penyebab Terjadinya Kebakaran Rumah/Gedung Bangunan

Kebakaran yakni salah satu bencana yang menimpa insan sehingga dapat menyebabkan kerugian besar baik secara materiil maupun imateriil.  Kebakaran hendaknya dihindari sebisa mungkin alasannya kebakaran yang besar tidak hanya mampu menyebabkan kerugian pada satu orang atau satu pihak saja, namun juga mampu menyebabkan kerugian pada banyak pihak.

Salah satu cara yang paling baik dan efektif dalam menanggulangi bencana kebakaran yakni dengan cara memahami hal-hal apa saja yang mampu menyebabkan kebakaran dan melaksanakan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya kebakaran di sekitar kita.  Sebaiknya tidak hanya dilakukan pada diri kita saja, namun juga pada keluarga kita dan orang-orang di sekitar kita semoga orang lain juga turut dapat melaksanakan tindak pencegahan di lingkungannya masing-masing.  Bukan hal yang tidak mungkin kalau kebakaran yang terjadi pada tetangga kita merembet ke rumah kita.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Terjadinya Kebakaran Rumah/Gedung Bangunan :

1. Korleting / Arus Pendek Listrik

2. Kompor / Tabung Gas Meledak

3. Puntung Rokok Menyala yang Dibuang Sembarangan

4. Pembakaran Sampah yang Membesar Tidak Terkendali

5. Ledakan Mesin dan Bom (Contoh : Bom Molotov)

6. Kerusakan Alat Elektronik yang Mengeluarkan Api

7. Kesengajaan / Sabotase dari Orang Jahat

8. Anak-Anak yang Lalai dalam Bermain Api

9. Sambaran Petir Tanpa Penangkal Petir yang Baik

10. Rembetan Kebakaran Rumah / Hutan Besar

Dari beberapa faktor yang dapat menjadikan kebakaran tersebut kita semestinya mampu mencari cara semoga kita mampu menghindari bencana kebakaran di lingkungan di mana kita berada.  Tentunya mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati.  Persiapkan secara fisik maupun mental kita semoga saat terjadi kejadian kebakaran yang bergotong-royong kita tidak panik dan sudah siap dengan apa-apa saja yang harus kita lakukan.  Minimal kita sudah siap dengan alat pemadam kebakaran yang memadai yang selalu tersedia di sekitar kita beserta keterampilan dan strateginya.