Hal / Faktor Penyebab Galau Pada Manusia / Seseorang

Arti galau secara kamus besar bahasa indonesia sama dengan kata bergalau yang artinya yakni sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran).  Jika kita melihat penggunaan kata galau pada ketika sekarang ini sepertinya lebih merujuk kepada pikiran yang kacau tidak keruan.  Kata galau memang sepertinya mirip-mirip dengan kata khawatir, resah, risau, gundah, dan gelisah.  Orang yang sedang galau berarti orang tersebut sedang resah sebab sedang banyak pikiran.

Galau yakni suatu keadaan yang bersifat negatif.  Kebanyakan orang tidak suka mengalami kondisi galau pada dirinya.  Galau merupakan suatu keadaan yang rasanya tidak menyenangkan.  Galau bisa menjadikan seseorang menjadi stress, depresi dan bahkan bisa menjadi asing sungguhan.  Ada banyak teladan kasus di sekitar kita di mana orang yang pikirannya kacau berubah menjadi menjadi orang yang tidak waras sebab secara tiba-tiba hilang logika sehatnya.  Ada banyak faktor penyebab galau pada insan yang sebaiknya segera diatasi bila menghadapinya.

Beberapa Hal / Faktor yang Menyebabkan Galau / Kegalauan Pada Diri Seseorang :

1. Punya Banyak Masalah

Orang yang sedang punya banyak persoalan pada ketika yang bersamaan cenderung akan banyak pikiran sehingga akan menjadi orang yang galau.  Jika tidak segera diatasi dengan baik maka persoalan yang ada bisa bertambah atau bahkan persoalan yang sudah ada bisa semakin bertambah parah.

2. Akan Menghadapi Sesuatu

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi galau ketika akan menghadapi sesuatu.  Misalnya ibarat akan menghadapi suatu ujian yang menentukan nasib masa depan, menghadapi pengumuman hasil suatu acara yang penting, diberi peran besar yang tidak yakin bisa dikerjakan dengan baik, dan lain sebagainya.

3. Mendapat Masalah Besar

Masalah besar bisa membuat seseorang menjadi ibarat orang yang linglung sebab banyak pikiran.  Contohnya ibarat kehilangan seseorang yang menjadi tulang punggung dalam keluarga, mengalami patah hati, sedang tidak punya uang sama sekali, dipecat dari pekerjaan, menjadi korban kejahatan penjahat, dan lain-lain.

4. Mengkhawatikan Sesuatu

Merasa khawatir memang merupakan sesuatu hal yang wajar pada diri seorang manusia.  Namun ada kalanya khawatir yang dirasakan yakni kekhawatiran yang besar.  Khawatir tingkat tinggi tersebut biasanya membutuhkan sumber daya pikiran yang besar pada otak manusia.  Misalnya ibarat khawatir anak belum pulang, khawatir akan kehilangan benda yang disayangi, ibarat mendapat suatu firasat atau menandakan yang tidak baik, dan lain sebagainya.

5. Memikirkan Sesuatu yang Tidak Jelas

Sebagian orang ada yang gemar memikirkan sesuatu yang di luar batas kemampuannya sehingga pada kesudahannya punya banyak pikiran yang tidak menentu yang tidak terang juntrungannya.  Hal-hal yang dipikirkan dengan serius kebanyakan tidak bisa ditindaklanjuti dengan baik sehingga ibarat orang yang selalu kebingungan.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan sehubungan dengan hal-hal atau faktor-faktor yang membuat seseorang / insan menjadi galau.  Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.  Semoga bermanfaat untuk seluruh umat insan di muka bumi ini, terima kasih.