Gunting Syafruddin, Pengertian dan Latar Belakang

Hai sob, kali ini saya mau mengembangkan artikel ihwal Gunting Syafruddin kepada sahabat semua. Gunting Syafruddin ini maksudnya bukan gunting punyanya Syafruddin ya, tetapi maksud Gunting Syafruddin yakni kebijakan moneter yang ditetapkan oleh Syafruddin Prawiranegara, untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini dengan seksama.

Nah Kebijakan Gunting Syafruddin ini sendiri merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki perekonomian Indonesia masa itu yaitu sekitar tahun 1950. Oke eksklusif saja kita bahas versi lengkap dan maksud “Gunting Syafruddin” ini, cekidot…

Kebijakan Gunting Syafruddin

Kebijakan Gunting Syafruddin
Untuk menanggulangi defisit anggaran sebesar Rp. 5,1 miliar, Menteri Keuangan masa itu Syafruddin Prawiranegara berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RIS Nomor PU I tanggal 19 Maret 1950 melaksanakan tindakan pemotongan uang.
Tindakan Syafruddin ini dilakukan dengan cara mengubah uang yang nilainya Rp. 2,50 keatas menjadi separuhnya. rakyat kecil tidak dirugikan alasannya yang memiliki uang Rp.2,50 keatas hanya orang kelas menengah atas masa itu.
Tindakan pemerintah ini selanjutnya dikenal dengan nama Gunting Syafruddin. Kebijakan Gunting Syafruddin ini bertujuan untuk menyeimbangkan antara jumlah uang dan barang yang beredar, sehingga tidak akan terjadi inflasi nantinya.
Nah sekarang sudah jelaskan yang dimaksud gunting Syafruddin itu? jadi intinya, kebijakan tersebut diambil masa itu alasannya melihat kondisi ekonomi Indonesia yang memburuk dimana jumlah uang yang beredar tidak sebanding dengan jumlah barang yang ada masa itu.
Sekian dari saya dan terima kasih yang sudah membaca artikel dari saya ini.