Gerakan Senam Nifas Setelah Persalinan

Tips Senam Nifas Setelah Persalinan

Senam nifas yaitu gerak sederhana yang dilakukan setelah persalinan supaya ibu lebih nyaman dan melemaskan otot-otot badan pasca persalinan. Senam nifas mampu dimulai enam jam setelah persalinan, yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Senam ini dapat memperlancar peredaran darah dan mempercepat bersihnya darah nifas.

Sama menyerupai melaksanakan senam hamil yang banyak manfaatnya, senam nifas juga memperlihatkan banyak manfaat pasca persalinan. Namun supaya manfaat senam nifas didapatkan secara maksimal metodenya harus sempurna , dan anda mampu melaksanakan gerakan-gerakan senam nifas dibawah ini:

Senam Nifas Setelah Persalinan Normal, dapat dilakukan semenjak hari pertama bahkan semenjak Anda mulai merasa besar lengan berkuasa untuk melakukannya. Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melaksanakan senam nifas setelah proses persalinan normal adalah:

  • Melatih pernapasan dengan posisi berbaring telentang.
  • Kontraksikan otot pantat sebelum duduk.
  • Saat akan duduk, pilih dasar dingklik yang besar lengan berkuasa dan tidak terlalu empuk (agar mampu menahan otot panggul).
  • Ibu setelah persalinan sebaiknya tidak duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Untuk selanjutnya anda mampu memulai dengan melaksanakan senam kegel. Anda tidak perlu khawatir dengan jahitan di vagina, alasannya yaitu senam nifas justru menguatkan otot-otot di sekitar vagina dan mempercepat penyembuhan luka atau ketegangan ketika persalinan.

Senam Nifas setelah Persalinan Caesar, mampu dilakukan dengan Kegiatan ringan yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi paru-paru, meningkatkan otot kandung kemih dan usus besar pasca pembiusan ketika operasi caesar. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika latihan senam nifas setelah persalinan caesar adalah;

Jangan melaksanakan latihan fisik, bahkan hanya sekedar mencoba mengangkat kepala ketika berbaring terlentang, sehingga dikhawatirkan dapat menarik otot-oto perut. Untuk selanjutnya anda mampu menggerakkan ujung jari kaki dan tumit sedikit demi sedikit. Latihan senam nifas ini sudah cukup di ahad pertama setelah persalinan caesar.

Saat akan berdiri dari posisi tidur, miringkan badan ke kanan terlebih dahulu, lalu tekuk kaki kiri serta letakkan tangan kiri ke daerah tidur dan berdiri perlahan dengan kedua tangan menyangga.

Ringkasan:

  • Senam Nifas dapat meregangkan otot-otot pasca persalinan, melancarkan peredaran darah dan mempercepat bersihnya darah nifas,
  • Gerakan Senam Nifas dibedakan berdasarkan proses persalinan yang dilakukan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *