Fungsi / Khasiat / Manfaat Kulit Udang Bagi Kesehatan Manusia

Udang yaitu binatang air yang biasa dijadikan makanan oleh insan alasannya yaitu rasanya yang relatif enak dan mampu diolah menjadi banyak sekali kuliner enak yang bergizi tinggi.  Udang memiliki cangkang atau kulit keras yang berkhasiat untuk melindungi tubuhnya yang lunak ketika hidup di dalam air.  Namun dalam dunia makanan manusia, kulit udang ternyata suka disingkirkan dengan alasan yang beragam.  Padahal kulit udang atau cangkang udang memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan badan insan yang memakannya.

Beberapa Khasiat, Fungsi, Kegunaan, Manfaat Kulit Udang Bagi Kesehatan Manusia :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh Manusia

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Manusia

3. Meringankan Beban Kerja Liver Manusia

4. Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Manusia

5. Mempercepat Penyembuhan Tulang Manusia yang Rusak

6. Mengatasi atau Menghambat Perkembangan Mikroba Patogen Penyebab Tipes / Typhus

7. Menghambat Pembanyakan Sel Kanker Lambung Manusia

8. Mengurangi Tekanan Kerja Organ Tubuh Akibat Kelebihan Kadar Lemak

Dari begitu banyaknya manfaat yang mampu kita dapat dari kulit udang yang suka dibuang ketika hendak diolah menjadi makanan, sangat disayangkan jikalau hal ini terjadi.  Tentu akan lebih baik jikalau udang dimasak menjadi kuliner yang dimakan insan dalam keadaan utuh cangkang / kulit udangnya sehingga diserahkan kepada orang yang memakannya, mau dimakan atau tidak kulit udang yang tersaji.  Bahkan jikalau kulit udang diolah menjadi makanan khusus yang enak dan lezat tentu akan lebih cantik lagi.

Jika kita bertindak sebagai pemakan makanan udang-udangan, maka hendaknya kita tidak menyingkirkan cangkang udang atau kulit udang dari udangnya ketika kita hendak memakannya.  Selain kulit udang, kalau mampu kita jangan menyingkirkan kaki udang, buntut udang, garis hitam udang (saluran ekskresi), kepala udang, mata udang, antena udang, dan lain sebagainya.  Setiap adegan tentu punya manfaat atau khasiat khas tersendiri bagi manusia.