Fungsi Hati Pada Sistem Pencernaan Manusia Lengkap

Hai sobat semua, kali ini aku mau mengembangkan bahan mengenai fungsi hati pada sistem pencernaan manusia. Sebelum itu, silahkan simak dialog percakapan antara Guru (G) dengan Murid (M) berikut:

G  :”Murid, aku mau bertanya ke kamu, Apa itu Hati?”
M :”Hati itu sulit ditebak dan biasanya membuat kita penasaran.”
G  :”Hah?????”
M :”Iya pak hati itu memang kata yang paling sulit untuk ditebak, namun mampu kita rasakan”
G  :”Maksudnya bukan Hati itu, Maksud bapak itu organ Hati.
M :”Oh organ Hati yang berperan dalam sistem pencernaan kita itu ya pak?”
G  :”iya, kau tahu tidak?”
M  :”Enggak….”
G  :”Baik akan bapak terangkan, simak baik-baik ya!!”

Hati yaitu kelenjar terbesar yang terdapat didalam badan insan yang terletak di rongga perut sebelah kanan dengan berat ± 1300 hingga 1550 gram, berwarna merah coklat, mempunyai banyak pembuluh darah dan lunak.

Nah itu ia dialog antara guru dengan muridnya mengenai pengertian dari hati. Sekarang kita lupakan dialog antara guru dan siswa diatas, kita lanjut ke bahan pembahasan…

Fungsi Hati Pada Sistem Pencernaan

Setelah memahami pengertian hati diatas, selanjutnya kita cari tahu dulu dimana sesungguhnya letak dari Hati itu sendiri.
Kaprikornus letak hati yaitu pada rongga perut sebelah kanan dan terdiri dari 2 buah lobus besar yang terletak masing-masing pada bab kanan dan kiri.

Fungsi Hati pada Sistem Pencernaan

Didalam hati terdapat 2 pembuluh darah yang menyuplai ke hati, yaitu pembuluh darah Vena Portahepatika dan Arteri Hepatika. Pada pembuluh darah vena portahepatika membawa darah yang miskin oksigen, sebaliknya pada pembuluh darah arteri hepatika membawa darah yang kaya akan oksigen.
Nah untuk lebih jelasnya kalian mampu menonton video dibawah ini:
Hati merupakan organ badan terbesar yang ada di badan insan selain kulit. Dalam proses pencernaan, Hati memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Hati sebagai penghasil empedu
Empedu sendiri nantinya digunakan untuk mengemulsikan lemak. Prinsip kerjanya yaitu jikalau kita memakan makanan yang berlemak, maka kandung empedu akan segera melepaskan cairan empedu ke lambung untuk memecah lemak supaya mampu dicerna dengan baik.
2. Sebagai Pusat Metabolisme
Metabolisme yang terjadi mampu saja metabolisme protein, karbohidrat, maupun lemak. Metabolisme itu diadaptasi dengan kebutuhan badan kita masing-masing.
3. Sebagai Tempat Penyimpanan Mineral
Berbagai mineral akan disimpan didalam Hati. Tidak hanya itu, hati juga sebagai kawasan menyimpan zat-zat beracun yang tidak mampu dikeluarkan tubuh.
4. Detoksifikasi Zat Racun
Detoksifikasi artinya yaitu menetralkan racun. Misalnya NH3 + yang cukup beracun dirubah menjadi urea yang tidak terlalu beracun.
5. Menghasilkan Protein Plasma
Protein plasma yang dimaksud disini yaitu berupa albumin, fibrinogen, protrombin dan sebagainya.
Fungsi lain yaitu :
  • mengatur suhu tubuh
  • mengatur distribusi makanan
  • menyimpan zat-zat makanan ibarat vitamin, lemak, dan glikogen
  • menyimpan darah
Nah sekian bahan kali ini yang berjudul fungsi hati pada sistem pencernaan manusia, biar bermanfaat dan jangan lupa like dan share ya…

Baca juga artikel terkait