Fungsi-Fungsi dan Tujuan Sosialisasi

Sosialisasi merupakan sebagai sebuah proses seumur hidup yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari cara-cara hidup, norma, dan nilai sosial yang terdapat dalam kelompoknya semoga dapat berkembang menjdi pribadi yang bisa diterima oleh masyarakat.
Fungsi umum dari sosialisasi tersebut dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang individu dan kepentingan masyarakt.


Fungsi Sosialisasi 

1. Individu 
Sosialiisasi berfungsi sebagai sarana pengenalan, pengakuan, dan pembiasaan diri terhadap nilai-nilai, norma-norma, dan struktur sosial yang ada didalam masyarakat sehingga dapat berprilaku tertib dan disiplin. Dengan demikian, seseorang menjadi warga masyarakat yang baik. Pengertian warga masyarakat yang baik yaitu warga yang bisa memenuhi segala kewajiban dan mendapatkan semua haknya sebagai warga masyarakat.

2. Kepentingan Masyarakat  
Sosialisasi berfungsi sebagai sarana pelestarian, penyebar luasan, dan pewarisan nilai-nilai serta norma-norma sosial. Dengan demikian nilai dan norma tetap terpelihara dari generasi ke generasi dalam masyarakat yang bersangkutan. Apabila fungsi sosialisasi menyerupai yang dijelaskan diatas berjalan dengan baik, maka diperlukan dapat memenuhi tujuan sosialisasi.

Tujuan Sosialisasi

  • Agar setiap orang dapat hidup dengan baik ditengah-tengah masyarakat nya. seseorang dapat hidup dengan baik dalam masyarakat apabila menghayati nilai dan norma dalam kehidupan.
  • Agar setiap orang dapat menyesuaikan tingkah lakunya dengan cita-cita masyarakat. setiap masyarakat memiliki budaya-budaya masing-masing. Budaya ini bersifat mengikat warga nya. oleh alasannya yaitu itu setiap individu hendakanya dapat mengikuti keadaan dengan budaya itu.
  • Agar setiap orang dapat menyadari eksistensi nya dalam masyarakat. Warga masyarakat yang menyadari eksistensi nya senantiasa bisa berperan aktif dan konkret dalam kehidupan sehari-hari.
  • Agar setiap orang bisa menjadi anggota masyarakat yang baik. ciri anggota masyarkat yang baik yaitu bahwa diri nya berguna. 
  • Agar masyarakat tetap utuh. Keutuhan masyarkat dapat terjadi apabila diantara warga nya saling berinteraksi dengan baik.
  • Memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupan ditengah-tengah masyarakat.
  • Mnegembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efekif dan menyebarkan kemampuan membaca, menulis dnan bercerita. 
  • Membantu seseorang mengendaliakan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri  yang tepat.
Terima kasih sudah membuka artikel wacana fungsi fungsi dan Tujuan Sosialisasi, semoga ilmu nya bermanfaat buat pembaca 🙂