Filum Euglenophyta (Euglenofita) : Pengertian Ciri-ciri Contoh Reproduksi Contoh Struktur Sel

Filum Euglenophyta (Euglenofita) : Pengertian Ciri-ciri Contoh Reproduksi Contoh Struktur Sel – Filum Euglenophyta merupakan ganggang yang memperlihatkan ciri-ciri hewan dan tumbuhan. Filum ini memiliki pigmen berupa klorofil a dan b serta bisa bergerak bebas dan memiliki bintik mata. Contoh anggota Filum Euglenophyta yang paling dikenal adalah Euglena. Euglena merupakan organisme yang sering ditemukan pada air yang keruh dan memiliki alat gerak berupa flagella yang terletak pada bagian ujung anterior. Euglena memiliki bintik mata yang berfungsi untuk melindungi detektor cahaya yang berada pada bersahabat dasar flagella. Dengan detektor tersebut, Euglena dapat bergerak menuju arah cahaya yang intensitasnya sesuai. Struktur badan Euglena tidak memiliki dinding sel, tubuhnya diselimuti oleh pelikel, memiliki vakuola kontraktil dan vakuola makanan.
Filum Euglenophyta merupakan ganggang yang menyampaikan Filum Euglenophyta (Euglenofita) : Pengertian Ciri-ciri Contoh Reproduksi Contoh Struktur Sel
Gambar 1. Euglena
Anda sekarang sudah mengetahui mengenai Filum Euglenophyta. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.


Sumber http://www.nafiun.com/

Baca Juga:  Rhizopoda (Filum Sarcodina) : Pengertian Ciri-ciri Reproduksi Struktur Sel Contoh