Faktor Pendorong Perdagangan Internasional + Penjelasan

Hai sob, pada artikel ini saya akan menyebarkan perihal faktor pendorong perdagangan internasional dan juga penjelasannya.

Nah bahan ini tergolong pada bahan ekonomi yang mungkin cukup bermanfaat bagi sahabat yang mengambil jurusan IPS.

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Nah pasti sahabat sudah penasaran ibarat apa faktor pendorong perdagangan internasional itu, jadi silahkan sahabat liat artikel ini sampai selesai ya sob.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Penjelasan

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, ada banyak faktor yang mendorong perdagangan internasional. Apa saja faktor tersebut? simak baik-baik ya sob…
#1. Produk dan Jasa yang Berbeda di Setiap Negara
Faktor pendorong perdagangan internasional yang pertama yaitu produk dan jasa yang berbeda. Maksudnya, ada beberapa negara yang memiliki produk atau jasa yang hanya bisa diproduksi atau dikerjakan dinegara bersangkutan, dipihak lain, ada beberapa negara yang membutuhkan produk atau jasa tersebut, sehingga akan ada relasi antara satu negara dengan negara lain untuk melaksanakan perdagangan internasional.
#2. Keinginan Memperoleh Devisa
Setiap negara pastinya sangat menginginkan memperoleh keuntungan atau devisa. Untuk memperoleh devisa tersebut, negara harus melaksanakan ekspor baik itu barang atau jasa ke luar negeri. Nah dari hasil ekspor tersebut, negara akan menerima keuntungan. TKI, yaitu salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara kita.

#3. Sumber Daya Alam yang Berbeda
Faktor selanjutnya yaitu sumber daya alam masing-masing negara yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat adanya jual beli antar negara. Misalnya, ada satu komoditi yang sangat diharapkan oleh negara A, sementara negara A komoditi tersebut sangat susah didapat. Sementara negara B sangat melimpah sekali komoditi tersebut. Pada akhirnya, negara A dan B akan mengadakan transaksi perdagangan.
#4. Sumber Daya Manusia yang Berbeda
Selain sumber daya alam yang mendorong perdagangan internasional, SDM juga mensugesti hal tersebut. Skill atau kemampuan penduduk suatu negara dengan negara lain pastinya berbeda, hal itu dikarenakan tingkat pendidikan atau tingkat praktek yang berbeda antara negara satu dengan negara lainnya. Maka suatu negara akan membutuhkan SDM dari negara lain yang kualitasnya lebih indah dari SDM lokal.
#5. Selera Konsumen yang Berbeda

Selera konsumen antara negara satu dengan negara lainnya pasti berbeda. Biasanya masyarakat suatu negara akan merasa bosan dengan makanan yang sering mereka makan setiap harinya. Masyarakat menginginkan hal baru. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak produsen makanan untuk membawa makanan khas negaranya masuk ke negara tujuan. Hal itu akan menarik minat konsumen untuk membeli dan menikmati makanan tersebut.
#6. Zaman Globalisasi
Faktor pendorong perdagangan internasional selanjutnya yaitu alasannya yaitu desakan zaman globalisasi. Memang, periode sekarang ini suatu negara tidak akan bisa bangun tanpa ada dukungan dari negara lainnya. Semua negara akan berbondong-bondong untuk menjalin kerjasama. Mau tidak mau hal itu harus dilakukan jikalau tidak ingin negara mengalami ketertinggalan dari negara lainnya.
Sekian faktor pendorong perdagangan nasional, bergotong-royong masih ada beberapa faktor lain, saya cuma menjelaskan yang umum-umum saja, sahabat bisa ngembanging sendiri untuk faktor lainnya. Tenang sob pasti bisa hehehehehe. Sekian dari saya.

Artikel Menarik Lainnya

Baca Juga:  Download Aplikasi WeChat untuk BlackBerry OS 6.0 ke Atas