Apa Perbedaan Kura – Kura, Penyu, dan Bulus ?

Kita diciptakan oleh Tuhan dimuka bumi in tidak lain untuk menjadi pemimpin. Disisi lain, tak hanya manusia, binatang dan tumbuhan pun hidup berdampingan dengan kita di muka bumi ini. Namun terdapat banyak jenis binatang yang akan menarik untuk dibahas. Pernahkah kalian mendengar nama kura – kura ? tentu kalian bisa membayangkannya sekarang. Tetapi bagaimana dengan binatang yang bernama penyu ? nah sekarang apa bedanya mereka berdua ? belum selesai, masih ada hewan yang memiliki kemiripan dari mereka berdua, namanya bulus. Makin bingung, mari kita kaji lebih dalam.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang perbedaan antara penyu, kura – kura, dan bulus.
Sekilas jika kita melihat dari jarah jauh, tiga hewan tersebut sedang berkumpul pada suatu tempat. Maka kalian pasti hanya akan menyebut satu nama hewan saja, baik itu kura – kura, penyu, ataupun bulus. Ketiga hewan tersebut termasuk golongan reptile. Sekilas mereka terlihat sama, namun ternyata ketiganya memiliki banyak perberbedaan yang mendasar. Kesamaan ketiga hewan tersebut yang paling mencolok adalah rumah atau tempurung atau batok yang dimilikinya. Batok tersebut merupakan pelindung yang menjadi satu dengan badannya dan dibawa kemana-mana. 

Kura – Kura

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Tempurung atau batok ini terdiri atas dua bagian. Pertama adalah bagian atas yang terlihat menutupi punggungnya disebut Karapas (Carapace), sedangkan yang kedua adalah bagian bawah yang terlihat melekat pada perut disebut plastron.
Tubuh bagian dalam pada kura – kura bersifat lunak, sehingga menurut dugaan, tempurung ini memiliki fungsi untuk melindungi bagian tubuh kura-kura yang lunak. Apabila terdapat bahaya yang akan mengenainya, maka secepatnya kepala dan kaki kura – kura akan masuk ke dalam tempurungnya. Tempurung ini sendiri memiliki dua lapisan, pertama pada dibagian luar yang bersisik keras dan yang kedua pada bagian dalam yang berupa lempengan tulang tersusun rapat. Perbedaan yang dimiliki oleh penyu adalah tempurungnya tidak bersisik, hanya berupa kulit yang melapisi tulang tempurung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dilihat dan ditinjuan dari habitatnya, maka sebagian besar Kura-kura (Turtle) tinggal di darat, mereka memiliki kaki dan berkuku tajam untuk bergerak di daratan. Makanan utama kura-kura adalah tumbuhan, tapi tak jarang kura-kura peliharaan diberi makan cacing yang dikeringkan.

Penyu

Berbeda lagi dengan Penyu atau dalam bahasa inggris biasa disebut sea turtle. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya di dalam air laut. Hanya penyu betina saja yang sesekali muncul ke daratan saat akan bertelur di pantai, kalian pasti sering menonton diacara televisi, induk penyu mengubur telur mereka didalam pasir laut dan kemudian kembali ke laut ,  dan selebihnya mereka berada di laut. Itulah sebabnya penyu tidak memiliki kaki, melainkan empat sirip untuk membantunya berenang. Tadi kura – kura punya kaki dan cakar, sedangkan penyu hanya mirip dayung perahu. Makanannya pun berbeda, penyu memakan ikan kecil-kecil dan ketika dalam bahaya ia tidak dapat memasukan kepala atau kakinya ke tempurungnya. Hal ini sama yang dilakukan oleh kura – kura. Dan dilihat dari segi ukuran tempurungnya, Penyu umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kura-kura.
Kayaknya ada yang terlupakan ? Eh ternyata sibulus lupa dibahas

Bulus

Bagaimana dengan Bulus ? Bulus, lebih banyak tinggal di air tawar, memakan hewan-hewan kecil di air dan memiliki tempurung lunak yang terdiri dari tulang rawan. Dibanding ukurannya juga lebih kecil dari Kura-kura dan penyu.
Nah itu sekilas mengenai perbedaan ketiga binatang tersebut. terima kasih telah membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *