Download RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018

Update Contoh RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 – Sahabat guru, satu hari telah kita lalui masa liburan bersama keluarga yang bersamaan juga dengan hari raya Idul fitri. Tak terasa sebentar lagi para guru akan bertugas kembali menjalankan kewajibannya mendidik Anak Bangsa. Pertanyaannya Sudahkah bapak ibu guru mempersiapkan perangkat pembelajaran untuk acara berguru mengajar pada awal tahun anutan gres nanti?
Perangkat pembelajaran memang wajib dibuat sebelum melakukan acara berguru mengajar, alasannya yakni itu sudah peran rutin para guru pastinya tidak akan kesulitan kan dalam menyusun seluruh dokumen yang bekerjasama dengan perangkat pembelajaran. Adapun salah satu dokumen penting dalam penyusunan perangkat pembelajaran yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), nah sebagai seorang guru yang profesional bapak ibu guru harus membuat RPP dengan benar serta mengikuti perubahan-perubahan terbaru dan akan lebih baik lagi bila RPP dibuat lebih kreatif.
Sebagaimana yang bapak dan ibu guru tahu, Acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni silabus, jadi sebelum RPP dibuat tentu saja bapak ibu harus menyelesaikan Silabus, nah alasannya yakni yang akan dibahas pada posting ini yakni RPP Untuk Kurikulum 2013 bukan KTSP, ada baiknya kita melihat kembali apa saja perubahan pada RPP yang sudah direvisi pada kurikulum 2013 tahun 2016. disini ada 2 poin yang kami rangkum dalam pembuatan RPP dan Silabus K-13 terbaru.
  1. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, dan acara pembelajaran.
  2. Pada RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
gambar unduh RPP Bahasa Indonesia SMA K-13

RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Revisi

Pada posting kali ini RPP yang akan blog guru-id bagikan yakni mata pelajaran wajib bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 semester 1 dan 2 kelas X, XI, dan XII. nah untuk RPP mata pelajaran lain, akan kami bagikan pada posting berikutnya. Nah berikut salah satu teladan rangkuman RPP kelas X mapel wajib Bahasa Indonesia

Baca juga: Contoh RPP Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SMA K-13

A.      Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi eksistensi bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Yang Mahakuasa Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menyampaikan sikap pro-  aktif sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 :
Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan duduk perkara ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  untuk mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara berdikari dengan menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3.      Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang erat dengan kita
2.4.      Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.
3.5.        Membandingkan karakteristik prosa lama dan gres serta mengapresiasinya
Indikator :
3.5.1.    Mengidentifikasi karakteristik prosa lama
3.5.2.    mengidentifikasi karakteristik prosa baru.
3.5.3.    Menyebutkan struktur Prosa
3.5.4.    Mendeskripsikan karakteristik prosa lama
3.5.5.    Mendeskripsikan karakteristik prosa baru
3.5.6.    Membandingkan karakteristik prosa lama dan prosa baru
3.5.7.  Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang erat dengan kita.
3.5.8.  Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.
4.5.    Menginterpretasi isi prosa lama dan baru
Indikator : Menginterpretasi isi prosa lama dan baru

Download RPP dan silabus Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013

  • Silabus SMA Mapel wajib Bahasa Indonesia : [Download
  • RPP Bahasa Indonesia SMA K-13 2016/2017 – Download
Demikian share Unduh RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Revisi tahun pelajaran 2017/2018 revisi terbaru. Semoga bermanfaat, nah saran kami, setelah mengunduh RPP diatas silahkan cek lagi. Baiklan bila membutuhkan berikut kami bagikan juga contoh RPP Bahasa Inggris SMA Kurikulum 2013