Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Hai teman semua, kali ini saya akan membuatkan gosip wacana detik detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Nah bagi teman yang mengikuti terus bahan dari saya, pastinya sudah pada tahu ibarat apa sih detik-detik menjelang kemerdekaan Indonesia, mulai dari penculikan tokoh-tokoh penting yang dikenal dengan peristiwa Rengasdengklok dan juga perumusan teks proklamasi di kediaman Laksamana Maeda.

Nah bagi yang belum mengikuti dari awal, silahkan baca 2 artikel saya sebelumnya yaitu wacana peristiwa Rengasdengklok dan Perumusan Teks Proklamasi yang sudah saya berikan diatas.

Oke tidak usah berbasa-basi lagi pribadi saja kita mulai pembahasan kali ini wacana detik detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan

Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pada hari Jumat 17 Agustus 1945 semenjak pagi hari dirumah Ir. Soekarno telah diadakan persiapan untuk menyambut proklamasi kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan baik golongan bau tanah maupun golongan muda yang jumlahnya kurang lebih 1000 orang berkumpul di halaman rumah Ir. Soekarno.
Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sedangkan pasukan PETA dibawah komandannya Latief Hendradiningrat dan Arifin Abdulrahman dengan senjata lengkap siaga penuh mengamankan jalannya upacara proklamasi yang akan dilakukan.
Upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia yang merupakan peristiwa besar dalam sejarah bangsa Indonesia dilaksanakan sangat sederhana dimulai sempurna pukul 10.00 WIB dengan urutan upacara sebagai berikut :
  • Pembacaan Teks Proklamasi oleh Soekarno
  • Pengibaran bendera merah putih
  • Sambutan Walikota Soewiryo dilanjutkan Dr Muwardi sebagai kepala keamanan
Pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ir. Soekarno pada pukul 10.00 WIB dilanjutkan pidato singkat. Setelah itu pengibaran bendera merah putih oleh Latief Hendradiningrat dan cowok Suhut serta seorang pemudi pembawa bendera (Tri Murti). Walikota Jakarta Soewiryo menunjukkan sambutan sebagai penyelenggaran upacara, sedangkan Dr. Muwardi menunjukkan sambutan sebagai penanggungjawab keamanan kota Jakarta.

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan
Proklamasi 17 Agustus 1945 itu mempunyai arti dan makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia alasannya yakni :
  1. Proklamasi kemerdekaan merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir kaum imperialis asing,
  2. Kemerdekaan dicapai oleh bangsa Indonesia dengan kekuatan dan tekad bangsa sendiri tanpa campur tangan dari pihak manapun,
  3. Proklamasi merupakan momentum politik terbebasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan absurd menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, mempunyai derajat yang sama dengan bangsa lain,
  4. Proklamasi kemerdekaan merupakan sumber hukum bagi tegak dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  5. Proklamasi kemerdekaan merupakan manifesto politik nasional dalam mewujudkan NKRI yang bersatu, berdaulat ibarat tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,
  6. Proklamasi kemerdekaan merupakan jembatan emas bangsa Indonesia untuk membangun bangsa dan negara mencapai masyarakat adil dan makmur, dll.
Nah itu beliau peristiwa detik detik proklamasi kemerdekaan Indonesia, agar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob.. Makasih…

sumber :MGMP sejarah kota Semarang