Dampak/Efek/Bahaya Minuman Keras Beralkohol Bagi Kesehatan Manusia

Minuman keras ialah minuman yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi merasa lain dari yang biasanya.  Minuman keras di indonesia biasanya disingkat dengan sebutan miras.  Biasanya minuman keras mengandung alkohol di dalamnya.  Mungkin minuman yang mengandung alkohol rendah tidak begitu besar efeknya dalam mengubah sistem kerja otak seseorang, akan tetapi lama-kelamaan bisa saja kadar alkohol akan bertambah akhir dari semakin banyak miras ringan yang dikonsumsi secara rutin maupun beralih mengkonsumsi miras yang kadar alkoholnya lebih tinggi.

Yang mengherankan ialah masih banyak orang yang memperjuangkan minuman keras biar bebas diproduksi, diperjualbelikan, didistribusikan dan dikonsumsi oleh siapa saja asalkan bisa membelinya atau mendapatkannya secara cuma-cuma.  Padahal ada begitu banyak efek negatif dari minuman keras yang secara sadar diketahui oleh hampir semua orang.  Oknum-oknum pemerintah pun terkadang turut serta membantu memuluskan agresi pengusaha miras dan pecinta miras untuk membebaskan susukan minuman keras di Indonesia.

Apalagi penyebabnya kalau bukang karena uang.  Bisnis minuman keras ialah bisnis yang sangat menguntungkan.  Minuman keras dapat membuat orang menjadi kecanduan sehingga harus terus menerus mengkonsumsi minuman keras secara rutin biar tidak merasa sakit secara fisik maupun mental.  Mirip ibarat rokok dan narkoba, semakin banyak yang menjadi konsumen, maka produsen miras beserta kroni-kroninya akan mendulang keuntungan yang sangat besar dari bisnis tersebut.

Jelas-jelas negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia menganut Pancasila dengan sila pertamanya yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.  Itu berarti setiap peraturan yang berlaku harus sesuai dengan aliran agama yang lebih banyak didominasi dianut oleh masyarakat Indonesia.  Undang-undang, peraturan pemerintah, keputusan presiden, peraturan daerah, peraturan gubernur, dan lain sebagainya tidak boleh bertentangan dengan aliran agama lebih banyak didominasi atau lebih banyak didominasi aliran agama yang ada di negara ini.  Minuman keras jelas-jelas dilarang dalam banyak aliran agama lebih banyak didominasi di negara kita, sehingga secara otomatis segala aturan yang memperbolehkan minuman keras ialah batal demi hukum.  Karena apa?  Karena pancasila ialah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Beberapa Dampak Negatif, Efek Buruk, Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Manusia :


1. Orang yang minum minuman keras di luar ambang toleransi badan dapat merasa mabuk, mual-mual dan muntah-muntah.

2. Membuat organ lever menjadi bengkak.

3. Tubuh akan menjadi ketagihan / kecanduan minuman keras karena adanya sindrom putus alkohol.

4. Kemampuan otak menurun.

5. Penurunan kemampuan panca indera.

6. Mudah stress, depresi dan frustasi.

7. Mempercepat menopouse pada wanita.

8. Rasa nyeri maupun gangguan kesehatan lain pada dikala haid atau datang bulan (pada perempuan)

9. Cacat pada janin pada ibu hamil.

10. Lebih mudah terkena stroke.

11. Pengeroposan tulang alias osteoporosis.

12. Penurunan fungsi hati yang bisa berujung pada kanker hati.

13. Kerusakan pada rongga mulut, tenggorokan dan sistem perncernaan.

14. Menyebabkan kerusakan mata atau bahkan bisa membuat mata menjadi buta permanen.

15. Sistem kekebalan badan menjadi tumpul sehingga mudah terjangkit penyakit berbahaya.

16. Sulit berkonsentrasi.

17. Muka atau wajah menjadi kemerah-merahan.

18. Bola mata menjadi juling.

19. Bau lisan yang sangat tidak sedap.

20.  Mendapat cedera, cacat permanen dan bahkan janjkematian dikala sedang mabuk.

Beberapa Dampak Buruk, Efek Negatif, Bahaya dari Minuman Keras Mengandung Alkohol Lainnya :

1. Orang yang terpengaruh minuman keras dapat melukai atau bahkan membunuh orang lain tanpa sadar akhir efek samping dari minuman keras.

2. Orang yang minum minuman keras dapat hilang logika sehatnya sehingga bisa melaksanakan hal-hal yang merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain disekitarnya, bahkan membuat dirinya sendiri celaka besar.

3. Sebagian uang yang dimiliki (relatif besar) akan digunakan untuk membeli minuman keras karena kalau tidak maka akan merasa sakit lahir dan batin.

4. Orang bersahabat serta anggota keluarga peminum minuman keras akan menerima sesusahan dan rasa malu.

5. Orang yang mabuk Ibadah Sholatnya tidak akan diterima oleh Yang Mahakuasa SWT.  Orang yang mabuk pun pada umumnya akan lebih mudah meninggalkan sholat dan ibadah wajib lainnya.

6. Secara tidak eksklusif mengajak orang lain untuk menjadi pecandu alkohol minuman keras karena sebagian keuntungan perusahaan miras langganannya akan digunakan untuk promosi minuman keras.

7. Menyesal seumur hidup karena ketika mabuk melaksanakan sesuatu hal yang buruk di luar kesadarannya sehingga harus mendekam di penjara untuk waktu yang sangat lama.

8. Banyak biaya, waktu dan tenaga yang terbuang percuma untuk aktivitas minum miras mulai dari proses membeli sampai menenggak minuman keras.

9. Sulit menerima jodoh yang sesuai cita-cita karena menyandang predikat sebagai pecandu minuman keras.

10. Menerima persepsi atau pandangan negatif dari masyarakat sehingga sulit untuk menerima akidah dari masyarakat di lingkungan sekitarnya.  Pecandu minuman yang mengandung alkohol (minol) akan mengalami perubahan sikap dan perilaku baik secara sadar maupun tidak sadar.

Dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu maupun yang hal-hal buruk lainnya yang belum diketemukan oleh para peneliti terkait dengan keburukan-keburukan pada minuman keras bagi manusia.  Oleh alasannya ialah itu hendaknya kita tidak sekali-kali mencoba minum minuman terlarang tersebut demi keselamatan diri kita sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar kita.  Sebisa mungkin lakukanlah pencegahan peredaran miras di sekitar lingkungan kita demi terciptanya lingkungan masyarakat yang aman dan tentram.  Mudah-mudahan artikel goresan pena ancaman minuman keras yang singkat ini dapat membawa kebaikan kepada kita semua.  Terima kasih.