Dalil Nikah Al Alquran dan Hadist Beserta Artinya

Hai semua, pada artikel ini aku akan membuatkan wacana dalil nikah yang terdapat dalam Al-Quran maupun Hadist. Nah tidak hanya itu, nantinya aku juga akan menawarkan penjelasan dan arti dari masing-masing ayat maupun hadist nantinya.

Seperti yang kita tahu, nikah atau ijab kabul ialah suatu janji untuk menghalalkan kekerabatan antara sepasang insan (laki-laki dengan perempuan) sesuai syarat dan rukun tertentu.

Itu pengertian ijab kabul secara singkat, nanti akan aku bahas lebih detail lagi baik menurut bahasa maupun menurut istilah, jadi silahkan simak artikel ini hingga simpulan ya…

Kumpulan Dalil Pernikahan

Dalil Nikah Al-Quran dan Hadist

Pengertian ijab kabul ialah bentukan kata dasar nikah dan kata tersebut berasal dari bahasa Arab, anikkah yang berarti perjanjian perkawinan.

Menurut bahasa sendiri, nikah artinya menyatu dan terkumpul, sedangkan menurut istilah ijab kabul ialah suatu janji yang menghalalkan kekerabatan antara sepasang insan yaitu laki-laki dengan perempuan sesuai syarat dan rukun tertentu.

Pengertian ijab kabul menurut islam sendiri ialah suatu janji yang dapat menghalalkan kekerabatan seorang laki-laki dengan seorang perempuan sesuai dengan aliran agama islam.

Nah setelah sahabat mengetahui pengertian ijab kabul itu sendiri, selanjutnya mari kita meuju ke bahan inti yaitu dalil nikah yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadist beserta artinya. Silahkan simak berikut ini :

# Pernikahan sebagai lembaga melahirkan keturunan yang banyak

Pengertian anak yang banyak sendiri sekarang dan dulu itu berbeda. Keturunan banyak zaman sekarang ini diartikan sebagai keturunan yang berkualitas dan tidak membuat keberatan orang bau tanah dalam menawarkan kehidupan yang bergizi serta pendidikan yang bermutu. Berikut dalilnya yang terdapat dalam Q.S. An-Nisa (4) ayat 1.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً  وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ  إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا  ﴿النساء:١

Artinya : “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kau dari seorang diri, dan dari padanya Tuhan menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Tuhan memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Tuhan yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kau saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) kekerabatan silaturrahim. Sesungguhnya Tuhan selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

# Dengan Pernikahan Tuhan Memberikan Kemampuan

وَأَنْكِحُوا الأيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (٣٢

Artinya : Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Tuhan akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Tuhan Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

# Pernikahan melahirkan keturunan dan membuka jalan rizki

Melalui ijab kabul ini, Tuhan SWT memberi keturunan dan rizqi. Keturunan sebagai tujuan ijab kabul untuk melahirkan regenerasi, sehingga tidak terputus dalam tali sejarah keturunan. Selain itu Tuhan SWT juga akan menawarkan rizqi kepada keluarga kita. Tuhan berfirman dalam Q.S. An Nahl ayat 72.

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ أَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَةِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُون

Artinya : Dan Tuhan mengakibatkan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kau sendiri dan mengakibatkan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?

# Pernikahan dapat melahirkan ketentraman dan kasih sayang secara sempurna

Q.S. Ar Rum (30):12

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٢١

Artinya : Dan di antara tanda-tanda (kekuasaan)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kau cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia mengakibatkan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (Q.S. Ar Rum ayat 12)

# Sebagai konsekwensi Tuhan menciptakan insan secara berpasangan-pasangan

Q.S. adz Dzariyat(51):49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (٤٩)

Artinya : Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kau ingat (kebesaran Allah). (Q.S. Adz Dzariyat)

# Pernikahan dapat memejamkan mata dan penyelamatkan kemaluan

Wahai generasi muda, barangsiapa diantara kau telah bisa berkeluarga hendaknya ia kawin karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barang siapa belum bisa hendaknya berpuasa karena ia dapat mengendalikanmu.(HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).

Nah itu ia dalil nikah yang ada dalam Al-Quran dan Hadist, semoga bermanfaat ya. Terima kaih.