Daftar Prioritas Tamu Undangan Pada Acara Pesta, Resepsi, Syukuran, Dll

Ketika kita hendak mengadakan suatu program yang mengundang orang banyak, kita biasanya akan dihadapkan pada persoalan daftar tamu yang diundang.  Jika program yang diadakan berskala besar, maka persoalan ini mungkin dapat diatasi dengan mudah.  Namun apabila jumlah tamu yang diundang dibatasi, maka harus ada suatu skala prioritas yang menetapkan siapa saja yang akan diundang dan siapa saja yang tidak diundang pada program tersebut.

Daftar tamu yang diundang harus diubahsuaikan dengan program yang akan diadakan.  Tamu yang diundang pada program resepsi ijab kabul sudah pasti berbeda dengan tamu yang diundang pada program halal bihalal.  Jangan hingga salah dalam mengundang orang-orang untuk hadir dalam program kita, alasannya bila salah mengundang, kemungkinan akan menjadikan gangguan kekerabatan antara kita dengan orang yang salah diundang tersebut.  Sebelum mengundang konsultasikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga lain biar tidak terjadi salah persepsi maupun salah pengertian.

Daftar Skala Prioritas Orang yang Diundang Pada Acara yang Kita Adakan :

1. Keluarga Dekat
2. Tetangga Sekitar Tempat Tinggal
3. Teman-Teman Dekat
4. Keluarga Besar
5. Teman-Teman Biasa
6. Teman Kantor atau Teman Sekolah / Kuliah
7. Tetangga Jauh
8. Teman-Teman Lama
9. Lain-lain

Dari semua daftar tamu ajakan yang diundang pada suatu program yang kita adakan dapat dihitung kira-kira berapa persen tamu yang tidak hadir.  Dari tamu yang kita perkirakan tidak hadir itulah kita dapat membuat daftar tamu suplemen yang akan kita undang juga.  Tamu-tamu yang kita perkirakan tidak hadir pun juga sebaiknya tetap diundang sebagai bentuk penghormatan kita kepada orang tersebut serta untuk menjaga kekerabatan baik dengan orang-orang yang kita undang.  Hindari mengundang orang-orang secara pilih kasih atau berdasarkan suku, ras, agama, dan lain sebagainya kecuali memang program khusus yang dikhususkan untuk tamu tertentu saja.  Mudah-mudahan dengan membuat daftar tamu ajakan yang sempurna kita dapat meningkatkan kekerabatan baik dengan orang-orang yang kita undang tersebut.