Contoh Teks Rekaman Percobaan dan Strukturnya

Hai sob, eksklusif saja kita berguru mengenai teks rekaman percobaan. Nah materi ini akan sobat dapatkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikala sobat menginjak jenjang SMA/MA. Pada artikel ini kita akan mengupas semua perihal teks rekaman percobaan ini, mulai dari pengertian, struktur dan teladan teks rekaman percobaan secara lengkap dan mendetail, tujuannya supaya sobat tidak hanya paham sebatas pengertian saja, melainkan mampu lebih mendalam lagi.

Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan

Teks rekaman percobaan adalah teks yang menceritakan perihal percobaan yang dilakukan oleh penulis yang biasanya digunakan untuk melaksanakan percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Seperti teks lainnya, teks rekaman percobaan memiliki struktur yang membedakannya dengan teks lain. Struktur teks rekaman percobaan ada emapat yaitu :

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan

Nah itu beliau pengertian teks rekaman percobaan beserta strukturnya, saya harap sobat paham materi ini. Jika sobat semua sudah paham dan mengerti perihal teks rekaman percobaan ini, hal selanjutnya ialah kita akan berguru perihal teladan dari teks rekaman percobaan itu sendiri.

Saya akan menyediakan  beberapa teladan teks rekaman percobaan ini untuk sobat semua, jadi sobat akan jauh lebih paham nantinya.

Contoh Teks Rekaman Percobaan

#1

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Jebakan Tikus Sederhana

Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Untuk itu, harus ada metode atau cara untuk membasmi tikus tikus pengganggu tersebut. Salah satu caranya ialah dengan membuat sebuah jebakan tikus sederhana. Sebenarnya ada banyak metode yang sudah ada untuk membasmi pengerat ini, mulai dari pinjaman racun hingga menggunakan alat elektronik, namun metode tersebut tidak ramah lingkungan. Nah untuk itu jebakan tikus sederhana ini mampu jadi pilihan Anda untuk membuat pembasmi tikus yang ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang diharapkan untuk membuat jebakan tikus sangatlah sederhana dan tentu mampu didapat dengan mudah. Berikut ialah bahan-bahan yang diharapkan untuk membuat jebakan tikus sederhana :

  1. Ember yang berukuran besar.
  2. Kaleng bekas.
  3. Kawat besi.
  4. Balok kayu kecil.
  5. Selai kacang atau selai lainnya.

Kalau sudah tersedia semua materi menyerupai di atas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana ialah melubangi bejana untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. 
  2. Kedua, lubangi lagi bejana tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar semoga tikus dapat masuk ke dalamnya. 
  3. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! 
  4. Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi sempurna di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! 
  5. Kelima, masukkan kawat tadi di lubang bejana besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. 
  6. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kau buat siap digunakan.

Setelah melaksanakan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kau gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempattempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.

Jebakan tikus menyerupai di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan materi kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus alasannya bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.

#2

Baterai Alami dari Kentang

Pernahkah kau mengalami mati lampu di rumah? Rasanya tidak enak jikalau harus beraktivitas dalam kegelapan. Selama ini listrik yang kau gunakan masih menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu dikala sumber energi itu akan habis.

Oleh alasannya itu, sebuah energi alternatif sangat diharapkan untuk menghindari krisis energi. Percayakah kau jikalau alam ini bekerjsama memiliki banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

Alat dan bahan yang digunakan:

  1. Kentang.
  2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa).
  3. Kabel.
  4. Penjepit buaya.
  5. Lempengan tembaga.
  6. Lempengan seng.
  7. Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.

Langkah Pembuatan:

  1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/ senti (jangan disatukan)!
  2. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu!
  3. Perhatikan nyala lampu yang terjadi! Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik! Jika lampu tidak menyala juga, silakan tambah kentang tersebut semoga arus listrik yang dihasilkan bertambah besar!

Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kau memiliki salah satu energi alternatif. Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.

Lampu tersebut dapat menyala alasannya adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Getah kentang mensugesti logamlogam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh alasannya itu, susunan menyerupai ini disebut elemen galvani alasannya yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter dari Italia berjulukan Galvani.

#3

Membuat Tinta Tidak Terlihat

Pernahkah kau memberikan sesuatu yang bersifat rahasia? Kalau pernah, tentu kau tidak ingin orang lain mengetahui diam-diam tersebut. Berikut ini ialah salah satu cara untuk memberikan sesuatu semoga orang lain tidak mengetahuinya. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan tinta yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk memberikan pesan diam-diam kepada temanmu.

Pertama-tama, siapkan alat dan materi berikut!

  1. Lemon.
  2. Air.
  3. Sendok.
  4. Mangkuk.
  5. Cotton bud.
  6. Kertas putih.
  7. Lampu bohlam.

Setelah alat dan materi sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air!
  2. Aduk air dan jus lemon dengan sendok!
  3. Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih!
  4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat!
  5. Untuk membaca pesan diam-diam yang kau tuliskan atau ingin memperlihatkannya ke orang lain, kau dapat melaksanakan dengan memanaskan kertas yang dipegang bersahabat bola lampu!

Setelah melalui langkah-langkah tadi, kini kau telah mengetahui bagaimana cara membuat tinta tidak terlihat. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk menulis sesuatu yang sifatnya rahasia. Tinta yang tidak terlihat ini merupakan reaksi kimia.

Jus lemon ialah senyawa organik yang dapat teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat ketika dipanaskan. Pengenceran jus lemon dalam air membuat goresan pena sulit untuk dilihat ketika kau menuliskan pesan di kertas. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari eksistensi goresan pena itu hingga dengan dipanaskan dan pesan diam-diam terungkap.

Zat lain yang dapat bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga mampu dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui sinar ultraviolet (UV).

Nah sekian artikel dari saya mengenai pengertian dan teladan teks rekaman percobaan, semoga bermanfaat ya sob.