Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan Beserta Strukturnya

Banyak sekali model pola dari teks eksplanasi ini, salah satunya pola teks eksplanasi kebakaran hutan. Nah pada kesempatan ini aku akan membahasnya.

Hai semua, pada artikel ini aku akan menyebarkan pola teks eksplanasi mengenai kebakaran, nah supaya lebih umum aku ambil yang sering terjadi disekitar kita yaitu kebakaran hutan.

Bagi sahabat yang ingin mencar ilmu terlebih dahulu perihal pengertian, struktur dan lainnya, silahkan kunjungi link berikut Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur dan Kaidah Kebahasaan.

Oke, bagi yang sudah paham mari kita lanjut artikel ini.

Banyak sekali pola dari teks eksplanasi ini, alasannya yakni saking banyaknya aku hingga tidak mampu membuatnya menjadi 1 artikel alasannya yakni akan terlalu panjang nantinya.

Untuk itu aku sengaja membaginya menjadi beberapa artikel sehingga sahabat mampu dengan mudah mempelajarinya.

Untuk yang mau membaca pola lain, silahkan klik link dibawah ini:

Oke, kita lanjutkan artikel ini sob. Langsung saja silahkan sahabat simak pola teks eksplanasi musibah kebakaran hutan yang telah aku buat berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Oke, silahkan simak pola teks eksplanasi perihal kebakaran hutan beserta strukturnya berikut…

# Pernyataan Umum

Kebakaran hutan ialah suatu peristiwa dimana terdapat api dengan intensitas yang besar yang memperabukan lingkungan hutan baik sebagian atau keseluruhan. Kebakaran hutan tentunya akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, tidak hanya hutan itu sendiri melainkan juga lingkungan sekitarnya.

# Deretan Penjelas

Kebakaran hutan dibedakan menjadi 3 macam, antara lain kebakaran permukaan, kebakaran tajuk, dan api tajuk. Penjelasan dari masing-masing jenis tersebut, jadi kebakaran permukaan yakni kebakaran yang terjadi pada lantai hutan dan apinya sangat mudah menyebar namun masih tergolong mudah untuk dipadamkan. Selanjutnya kebakaran tajuk yakni kebakaran yang memperabukan tajuk tanaman pokok terutama pohon-pohon yang mudah terbakar. Terakhir yakni api tajuk, kebakaran ini akan memperabukan lapisan organik yang dibawah lantai hutan, kebakaran jenis ini terjadi dalam waktu yang sangat panjang dan perambatan apinya sangat lambat.

Kebakaran hutan terjadi alasannya yakni adanya 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Untuk faktor alam biasanya alasannya yakni kekeringan jangka panjang yang menimbulkan terjadinya percikan-percikan api, sedangkan faktor insan biasanya alasannya yakni kelalaian dan kesengajaan menyerupai misalnya membuang puntung rokok sembarangan, melaksanakan pembakaran liar dan untuk membuka lahan baru.

Kebakaran hutan menimbulkan munculnya asap tebal pekat yang mengandung aneka macam gas berbahaya yang tentunya sangat tidak sehat jikalau dihirup oleh makhluk hidup. Berbagai penyakit dapat terpicu akhir kebakaran hutan ini, antara lain ISPA, kanker paru-paru, asma dan penyakit pernafasan lainnya.

# Interpretasi

Kebakaran hutan menjadi peristiwa yang sering kali terjadi di negara kita, faktor alam dan kurangnya kepedulian kita menjadi pemicu terjadinya peristiwa ini. Untuk itu sudah semestinya kita menjaga lingkungan hutan kita mengingat hutan yakni paru-paru dunia yang mana sangat wajib kita jaga kelestariannya.

Nah itu beliau pola dari teks kebakaran hutan, nah selanjutnya dengan kreatifitas, sahabat dapat membuat model pola lain misalnya teks eksplanasi perihal kebakaran hutan di Riau atau hutan lainnya yang pernah terbakar.

Sekian artikel perihal teks eksplanasi perihal hutan, semoga bermanfaat.