Contoh Teks Berita Singkat Sesuai 5W 1H

Hai teman semua, kali ini saya mau membuatkan wacana pola teks gosip singkat sesuai dengan kaidah 5W 1H. Nah bahan teks gosip ini diajarkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 12, nah pasti kebanyakan yang sedang membaca artikel ini ialah sobat-sobat kelas 12.

Oke pertama kita bahas secara singkat terlebih dahulu pengertian dari teks gosip itu sendiri.Teks gosip adalah teks yang berisi mengenai suatu peristiwa yang terjadi didunia ini yang dimuat dalam banyak sekali media baik itu cetak maupun elektronik. Sebuah gosip harus berdasarkan fakta tapi tidak semua fakta diangkat menjadi sebuah berita.

Nah menyerupai kebanyakan teks lainnya, teks gosip ini juga memiliki struktur yang perlu sobat semua perhatikan. Kaprikornus struktur teks gosip ialah sebagai berikut :

  • Orientasi berita
  • Peristiwa
  • Sumber Berita

Itu beliau 3 struktur lengkap teks berita, pada artikel ini tidak akan saya jelaskan satu persatu alasannya ialah sebelumnya sudah pernah saya bahas. Kaprikornus jikalau sobat ingin mengetahui struktur-strukturnya lebih lengkap lagi silahkan kunjungi artikel saya sebelumnya melalui link dibawah ini :

Oke sekarang kita pribadi saja menuju contoh teks gosip singkat ya, silahkan simak beberapa pola dibawah ini.

Contoh Teks Berita Singkat

Orientasi Berita :
JAKARTA – Masalah sel baterai Galaxy Note 7 yang baru-baru ini sering terdengar gosip tidak enak yaitu baterai yang meledak ternyata tidak dianggap sepele. Salah satu yang menganggap hal ini serius ialah Garuda Indonesia. Setelah mendapat informasi dari tubuh keselamatan penerbangan Federal Aviation Administration (FAA), maskapai tersebut melarang calon penumpang untuk mengaktifkan phablet tersebut selama di dalam pesawat.

Baca Juga:  Teks Berita :Pengertian, Struktur Teks, dan Contohnya

Peristiwa :
“Kantor sentra Garuda Indonesia sudah menginformasikan kepada calon penumpang biar tidak mengisi daya (Batrai) dan menggunakan ponsel Galaxy Note 7 mereka selama berada dalam pesawat,” kata Mulyardi Tanjung Service Station Manager Garuda Hang Nadim Batam, Minggu (11/9).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penumpang boleh membawa ponsel tersebut, tapi tidak diizinkan menggunakan dan menghubungkannya ke sistem hiburan penerbangan yang menyediakan port USB. Garuda Indonesia juga menerbitkan Handling Information Notice Station di bandara domestik dan internasional yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, beberapa maskapai penerbangan menyerupai American, Delta dan United mulai memberitahukan penumpang di gerbang dan pada ketika di dalam pesawat terbang untuk menjaga ponsel dalam keadaan mati. Otoritas penerbangan dan maskapai penerbangan Amerika Utara ke Eropa dan Asia telah mengeluarkan larangan atau petunjuk pada Galaxy Note 7. Pada Kamis, FAA di AS mengatakan, wisatawan tidak boleh menggunakan atau mengisi daya ponsel ketika di udara atau menaruh perangkat tersebut di bagasi.

Sekadar informasi, Samsung sendiri gres saja menunjukkan himbauan penting bagi pengguna Note 7 untuk menukarkan ponselnya. Samsung ketika ini sedang mencoba untuk mencukupkan ketersediaan perangkat dalam kegiatan penukaran ini.

Sumber : Okezone.com

Nah itu beliau pola teks gosip singkat sesuai kaidah 5W+1H. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat yang sedang mencari informasi berkaitan dengan teks gosip ini. Jika ada saran atau masukkan mampu pribadi ketikan apa yang ingin sobat katakan pada kotak komentar. Terima kasih yang sudah berkunjung dan meninggalkan jejaknya.