Contoh Tanaman Indo Malayan

Contoh Tanaman Indo Malayan – Indonesia termasuk negara yang kaya dan  memiliki keanekaragaman tumbuhan yang sangat tinggi. Keanekaragamaman tanaman atau keanekaragaman flora Indonesia ini mampu diperkirakan 10% jenis tanaman atau flora di dunia hanya terdapat di Indonesia.

Nah lho.. betapa kayanya negeri ini. Tapi sayang banyak masyarakat Indonesia yang tidak peduli, tidak menjaga dan melestarikan kekayaan Indonesia ini. Sehingga banyak diantaranya yang melaksanakan perusakan terhadap kekayaan Flora Indonesia.

Tak heran kalau tiap tahun pasti terjadi kebakaran hutan di sana sini. Apakah ini akan terjadi terus hingga hutan di Indonesia rusak dan habis ditebang serta dibakar. Anda lah yang menentukan.

Yuk, supaya lebih paham perihal kekayaan hutan yang dimiliki Indonesia, silakan pelajari Contoh Tanaman Indo Malayan berikut ini.

Contoh Tanaman Indo Malayan

Secara biogeografi, persebaran flora indonesia terbagi menjadi Flora Indo-Australian dan Flora Indo-Malayan. Contoh tanaman Indo Malayan adalah berbagai jenis tanaman yang terletak di wilayan Indonesia bab Barat, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Berikut ini yakni beberapa teladan tanaman Indo Malayan.
    contoh tanaman indo malayan

  • Banyak terdapat jenis meranti-merantian.
  • Terdapat banyak sekali jenis rotan.
  • Tidak memiliki hutan kayu putih.
  • Memiliki jenis tumbuhan matoa (Pometia pinnata) yang sedikit.
  • Memiliki jenis tumbuha sagu yang sedikit.
  • Memiliki banyak sekali jenis nangka.

Bagi anda yang hidupnya di perkotaan, mungkin masih gila atau belum pernah melihat teladan contoh tanaman Indo-Malayan tersebut. Walaupun mungkin mampu juga melihatnya di Kebun Raya Bogor, namun tidak semua orang bersahabat dengan lokasi Kebun Raya Bogor. Karena itulah, mari lestarikan keanekaragaman flora Indonesia ini supaya anak cucu kita masih mampu melihatnya hingga kapanpun.