Contoh Surat Permohonan Berbagai Tujuan Lengkap

Surat permohonan ialah surat yang ditujukan untuk pihak lain, entah itu individu, kelompok, perusahaan, tubuh organisasi, atau instansi yang isinya mengenai permohonan atau usul akan suatu hal.

Keberadaan surat ini sangatlah penting, untuk itu sahabat harus tahu aneka macam macam tumpuan surat permohonan sesuai dengan tujuannya, entah itu untuk pengajuan barang, permohonan kerja, dan lainnya yang nanti akan saya bahas satu persatu.

Untuk membuat surat semacam ini memang tidaklah mudah, apalagi kalau ditujukan untuk pihak yang penting menyerupai instansi perusahaan atau organisasi besar. Penggunaan bahasa yang resmi juga sangat diperhatikan supaya permohonan atau usul yang kita ejekan dapat disetujui oleh pihak terkait.

Untuk itu pada artikel ini silahkan sahabat simak beberapa tumpuan surat usul aneka macam tujuan yang semoga mampu membantu sahabat semua. Oke pribadi saja kita mulai.

Sebelum itu, saya ada informasi untuk sahabat yang ingin mencar ilmu mudah dimana saja dan kapan saja lewat smartphone atau laptop. Ya Ruangguru solusinya. Disana sahabat mampu menemukan aneka macam bahan sekolah, tumpuan soal dan pembahasan dan masih banyak lagi. Untuk itu jangan lupa cek link diatas ya 🙂

Contoh Surat Permohonan

Contoh Surat Permohonan

Sebelum kita membahas ke hal-hal yang lebih kompleks lagi, kita cari tahu terlebih dahulu hal-hal penting seputar surat permohonan yang wajib sahabat ketahui antara lain menyerupai bagian-bagian surat, pengetikan dan penggunaan ukuran kertas yang sesuai (biasanya A4), kop surat (jika diperlukan).
Dalam pengetikan surat permohonan haruslah rapi dan menggunakan font serta ukuran yang mudah untuk dibaca. Penggunaan kop juga diharapkan kalau surat tersebut kita tujukan untuk lembaga yang resmi, namun kalau hanya sebatas pribadi tidak perlu adanya kop surat.
Nah selanjutnya ialah bagian-bagian surat resmi yang perlu sahabat ketahui. Ada beberapa bab penting, berikut diantaranya.
  1. Kop surat atau kepala surat, fungsinya untuk memudahkan akseptor surat untuk mengetahui wacana nama dan alamat pengirim, selain itu juga untuk menunjukkan keresmian suatu surat. Isi dari kop surat secara umum yaitu nama, alamat, dan nomor kontak pengirim
  2. Nomor, perihal, dan tanggal surat
  3. Penerima surat
  4. Salam pembuka
  5. Isi surat
  6. Penutup
  7. Identitas pengirim

Oke pribadi saja kita mulai berikut ini tumpuan surat permohonan bantuan, surat permohonan izin, surat permohonan pribadi dan masih banyak lagi tumpuan surat permohonan lain yang mampu sahabat jadikan referensi, silahkan disimak.

# Contoh Surat Permohonan Sekolah

Perihal     : Permohonan Pindah Sekolah
Lampiran : –

Kepada
Kepala sekolah SMA Negeri 2 Semarang
Jalan Sendangguwo Baru No. 1
Semarang

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama                           : Mahmud Nemo
Jenis Kelamin                : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir    : Demak, 30 Mei 1976
Alamat                         : Jalan Antah Berantah No. 69 Mranggen, Demak 59567

merupakan orang tua/wali murid dari:
Nama                           : Ahmad Alan Maulana
Jenis Kelamin                : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir    : Demak, 3 April 2000
Alamat                         : Jalan Antah Berantah No. 69 Mranggen, Demak 59567
Sekolah Asal                  : SMA Negeri 2 Semarang
Kelas                            : XI
Nomor Induk                 : 6998169

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA Negeri 2 Semarang ke SMA Negeri 1 Mranggen terhitung dari hari Senin, 1 Mei 2017 dikarenakan duduk perkara transportasi yang tidak memadai dan jarak tempuh yang terlalu jauh.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar keinginan kami sekolah memperlihatkan izin atas permohonan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Mranggen, 3 Apil 2017
Hormat saya,
(Sumarto)
# Contoh Surat Permohonan Bantuan


DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KABUDAYAAN
SMA NEGERI 2 SEMARANG
Jalan Sendangguwo Baru No. 1 Semarang
Tlp. 024-6715994 Kode Pos 50191

Semarang, 3 April 2017

No                           : 069/SMARBBDG/PBB/05/2017
Lampiran                : –
Hal                          : Permohonan Bantuan Buku

Yth
Bapak/Ibu Orang Tua
Siswa/Siswi Kelas X, XI, XII
SMA Negeri 2 Semarang
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Yang Mahakuasa SWT yang telah memperlihatkan rahmat, taufiq, hidayah dan inayah-Nya. Salawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita tunggu syafaatnya kelak.

Sehubungan dengan telah didirikannya sebuah gedung perpustakaan sekolah yang telah diresmikan kemarin dalam rangka untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi bawah umur dan warga sekitar. Untuk itu bersamaan dengan surat ini kami bermaksud untuk meminta pinjaman Bapak/Ibu untuk mau menyumbangkan buku-buku bacaan atau buku lain yang sekiranya bermanfaat baik yang masih gres ataupun bekas supaya perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang lengkap. Perlu Bapak/Ibu semua ketahui, bahwasaya perpustakaan ini dibangun dari sumbangan sukarela para donatur baik dari warga sekitar maupun pihak-pihak lainnya.

Bagi yang berminat ingin menyumbangkan buku mampu pribadi ke perpustakaan SMA Negeri 2 Semarang setiap hari kerja Senin-Jumat pukul 07.00 – 15.00.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar keinginan kami supaya Bapak/Ibu dapat ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan buku ke perpustakaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepala SMA Negeri 2 Semarang
Drs. Ahmad Alan Maulana, M.Pd

# Contoh Surat Permohonan Izin

KARANG TARUNA WARGA TAPANGSARI RT04 RW02 MENUR MRANGGEN DEMAK JAWA TENGAH
Jl. Kyai Santri Tapangsari
Telp:083869032176

Mranggen, 3 April 2017

Nomor : 32/PKS/KTRW2/VII-17
Hal         : Permohonan Izin Kegiatan
Lampiran   : 1 Berkas Proposal

Kepada
Bapak Ketua RW 02
Di tempat

Assalamual’aikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati hari jadi desa Tapangsari yang ke-15, kami bermaksud ingin mengadakan program perlombaan dan pameran murah untuk masyarakat, khususnya warga desa Tapangsari dan sekitarnya yang rencananya akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 3 April 2017
Waktu : 07.00 hingga selesai
Tempat : Lapangan desa Tapangsari

Oleh alasannya itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud untuk meninta izin untuk penggunaan lapangan desa demi kelancaran acara.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Kami berharap semoga Bapak berkenan untuk mengabulkan permohonan kami demo terlaksananya program ini. Atas perhatian dan dukungan Bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sekretaris Karang Taruna                 Ketua Karang Taruna

Umi Salma                         Ahmad Alan

Nah itu beliau beberapa tumpuan surat permohonan aneka macam tujuan, bergotong-royong masih ada bentuk tumpuan lainnya, menyerupai misalnya surat permohonan pribadi, pengajuan barang, surat permohonan kerjasama, surat permohonan doc dan surat permohonan kerja. Jika memang tumpuan diatas kurang lengkap, mungkin kedepannya saya akan update lagi.