Contoh Program Kerja Perpustakaan SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2016/2017

Download Contoh Program Kerja Perpustakaan Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2016/2017 – Sahabat guru-id, membaca yakni salah satu cara yang efektif untuk belajar. Dengan membaca semua orang akan mengetahui sesuatu hal yang tadinya tidak tahu. Bukankah ada istilah buku yakni jendela dunia. Bagi sesorang yang tidak suka jalan alasannya yakni alasan sibuk atau tidak mempunyai budged yang cukup tidak perlu berkeliling dunia untuk mengetahui segalanya. seseorang hanya cukup bermodalkan buku dan kau akan tahu segala isi dunia. bukankah belum tentu orang suka traveling mengetahui segala hal mengenai daerah yang beliau kunjungi alasannya yakni mungkin tujuan seseorang traveling hanya untuk menghilangkan penat stress otaknya bukan untuk mengetahui sejarah daerah travelingnya.

Sejak memasuki dunia sekolah bawah umur telah diajarkan bagaimana caranya membaca dimulai dari mengenal huruf, mengeja dan menyambung karakter menjadi sebuah kata bahkan kalimat. bahkan terkadang orang bau tanah terjun eksklusif berperan sebagai seorang guru di rumah atau. bahkan tidak segan-segan mendatangkan guru private ke rumah untuk mengajari anaknya membaca.

Salah satu akomodasi sekolah yakni menyediakan ruang khusus untuk siswa bebas membaca dan mencari isu terkait pelajaran atau dunia pendidikan yang sering kita sebut ruang membaca atau perpustakaan. bahkan perpustakaan yakni akomodasi yang harus dimiliki sebuah sekolah alasannya yakni fungsinya sebagai daerah penyimpanan aneka macam buku pembelajaran yang akan menunjang kelancaran proses berguru siswa.

Para siswa bebas menggunakan akomodasi yang ada di dalam perpustakaan, bukan hanya buku tetapi media pembelajaran lainnya ibarat globe, menonton dvd edukasi dan lainnya. sebebas apapun siswa di dalam perpustakaan namun siswa harus tetap mematuhi ketentuan dan peraturan yang ada di perpustakaan. misalnya:

  • Pengunjung dilarang merokok, makan, dan minum. sesuai dengan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2015 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Lingkungan Sekolah
  • Pengunjung dilarang menjadikan bunyi gaduh/bising yang dapat mengganggu pengunjung lain.
  • Pengunjung harus menjaga kebersihan, kerapihan, dan kesopanan.
  • Pengunjung tidak diperbolehkan membawa barang yang tidak dibutuhkan ibarat tas, jaket,dll.
  • Pengunjung dilarang merusak buku (merobek, melipat, mencorat-coret, atau mengotori materi pustaka).

Untuk meningkatkan dan menjaga kualitas perpustakaan dibutuhkan kerjasama antara kepala perpustakaan, pustakawan, guru, dan siswa. Strategi-strategi dan pendataan perpustakaan semuanya tercantum dalam acara kerja perpustakaan. yang berkewajiban membuat acara kerja adalahkepala perpustakaan dan pustakawan yang tentunya terkadang mempunyai peran ganda sebagai guru mata pelajaran. hal ini tentunya akan menambah daftar peran yang harus dipersiapkan pada tahun pelajaran baru.

Pada posting kali ini blog guru-id akan akan membantu para kepala perpustakaan meringankan beban peran dalam membuat acara kerja perpustakaan 🙂 artikel ini biar menjadi semakin bermanfaat dan berkah kiranya dibagikan kepada rekan-rekan yang lainnya yang sama membutuhkannya. Filenya nanti bisa di unduh melalui tautan yang kami sematkan dibawah

gambar cover acara kerja perpustakaan sekolah

Sebelum membuat acara perpustakaan ada baiknya kita perhatikan pola salah satu acara kerja perpustakaan SMP dibawah ini

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya menerima porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan keberadaan perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai daerah menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan daerah bermain. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik, padahal di negara maju perpustakaan sekolah menjadi sentra guna mendukung acara berguru mengajar yang begitu dimanfaatkan oleh para warga sekolahnya dengan sangat optimal, hal tersebut berbeda dengan kondisi di negara kita Indonesia.

Dari aneka macam sudut pemikiran di atas, Perpustakaan SMPN 3 Rambang Dangku berupaya melaksanakan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung acara dan visi misi sekolah. Berbagai acara dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar biar perpustakaan sekolah sebagai sentra pengetahuan (center of knowledge) dapat terealisasi secara optimal.

Perpustakaan sekolah yakni perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber berguru di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya yakni perpustakaan. Sebagai salah satu sumber berguru di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang sempurna dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang pengelola perpustakaan yang memiliki pendidikan khusus perpustakaan masih sangat kurang, sehingga belum terwujudnya profesionalisme perpustakaan. Untuk itu perpustakaan sekolah perlu ditunjang oleh manajemen perpustakaan yang baik, guna mewujudkan manajemen yang baik maka dibutuhkan acara kerja terarah yang nantinya dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan sekolah SMPN 3 Rambang Dangku.

B. TUJUAN PROGRAM PERPUSTAKAAN

1. Tujuan Umum

Memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan untuk menjadi perpustakaan sekolah yang bisa mendukung visi dan misi sekolah secara umum serta sumber berguru warga sekolah guna mendukung kegiatan berguru mengajar di sekolah.

2. Tujuan Khusus

Menerapkan manajemen pustaka yang profesional dan akuntabel.

C. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam acara kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada peran pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan berguru mengajar yang efektif dan efisien.

1. Program Jangka Pendek

Program jangka pendek ini tertuang dalam beberapa tahapan acara yang nantinya akan diwujudkan dalam beberapa jenis kegiatan. Jenis acara tersebut antara lain terdiri dari:

  1. Program pengadaan koleksi dan akomodasi perpustakaan,
  2. Pengelolaan materi pustaka tahap pertama (I),
  3. Pengelolaan materi pustaka tahap kedua (II),
  4. Perawatan dan pemeliharaan (maintenance) koleksi materi pustaka,
  5. Sirkulasi materi pustaka,
  6. Pemberian layanan prima bagi para pembaca,
  7. Peningkatan minat baca bagi warga sekolah,
  8. Pemeliharaan akomodasi perpustakaan,
  9. Pembagian dan pengembalian buku paket,
  10. Promosi perpustakaan, dan
  11. Pengikutsertaan perpustakaan sekolah dalam aneka macam lomba.

2. Program Jangka Panjang

  1. Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 4.000 judul dengan 6.000 eks pada tahun 2015.
  2. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
  3. Meningkatkan minat baca para siswa dengan menunjukkan materi pustaka yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum siswa.

Untuk dokumen lengkap acara kerja perpustakaan sekolah, silahkan unduh dibawah

1. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SD.Doc – Klik Disini
2. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SMP.Doc – Klik Disini
3. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SMA.Doc – Klik Disini
4. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SMK.Doc – Klik Disini

Demikian share acara kerja kepala perpustakaan Sekolah Tahun 2016/2017. Semoga bermanfaat, berikutnya kalau membutuhkan, maka unduh juga Program kerja Pembina Pramuka SD, SMP, SMA