Contoh Metode Pembelajaran Menyenangkan

Pada posting kali ini, blog ingin menyebarkan seputar metode Pembelajaran dan salah satunya yaitu yang menyenangkan bagi akseptor didik. Sebagaimana yang bapak ibu guru pendidik ketahui, pembelajaran menyenangkan yaitu adanya pola kekerabatan baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Guru memosisikan diri sebagai mitra mencar ilmu siswa, bahkan dalam hal tertentu tidak menutup kemungkinan guru mencar ilmu dari siswanya. Dalam hal ini perlu diciptakan suasana yang demokratis dan tidak ada beban, baik guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. (DR.Rusman, M.Pd, 2011, hlm.326). Artinya bila tercipta suasana pembelajaran yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian akseptor didik tercurah, lingkungan mencar ilmu yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi, maka bisa dikatakan pengajar telah menciptkan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan.

Sahabat pendidik, Ekspresi wajah seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang sedang berinterksi dengan pikirannya. Bentuk mulut yang keluar dapat menyimpulkan suasana hati dan pikirannya, misalnya tersenyum itu artinya orang tersebut nyaman atau tertarik dengan apa yang disekitarnya. Wajah tanpa mulut atau yang biasa diistilahkan muka datar juga merupakan pola mulut wajah yang ditimbulkan seseorang untuk mengekspresikan ketidaktertarikan perasaannya terhadap situasi yang sedang terjadi atau bisa jadi pikirannya tidak sedang ditempat/di situasi yang sedang terjadi, bisa dibilang tubuhnya disini tapi pikirannya disana. Kaprikornus apapun yang sedang terjadi di sekitarnya walaupun ramai ribut sekalipun tetap tidak dimengerti olehnya.

Terkait dengan Pembelajaran Menyenangkan

Nah bapak ibu guru pernahkah memperhatikan setiap mulut yang dikeluarkan pesrta didik anda selama proses mencar ilmu sedang berlangsung atau ketika bapak/ibu sedang menjelaskan materi pelajaran? Jika diperhatikan satu per satu maka akan terlihat mulut yang berbeda-beda dari setiap siswa. Semua guru/pendidik mengharapkan mulut yang menyenangkan dari semua siswa. Tersenyum, fokus dengan penjelasan guru, sibuk memperhatikan dan mencatat di buku, bertanya yang relevan dengan apa yang dibahas. Terkadang apa yang diharapkan berbeda dengan kenyataan, sebagian siswa memasang mulut yang datar, resah bahkan terlihat terang mulut mengantuk di wajah mereka. Bagaimanakah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan? Yang membuat semua mulut siswa sama yaitu menyenangkan.

Ada tiga hal penting pada dikala proses pembelajaran berlangsung. Ketiga hal ini akan menentukan suatu pembelajaran itu menyenangkan atau bahkan sebaliknya.

Contoh Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan

1. Metode Pembelajaran Menyenangkan Di Dalam Kelas

Ada beberapa adegan materi yang dianggap berat sebab terlalu padatnya materi, siswa biasanya mengeluh, bisan bahkan mengantuk bila mempelajari adegan tersebut. Para guru harus pandai-pandai mencari taktik dalam memberikan materi menyerupai ini. Kombinasikanlah beberapa model pembelajaran supaya proses mencar ilmu tidak monoton. Materi pebelajaran yang berupa penjelasan yang banyak jangan hanya menggunakan metode ceramah, hal ini tentu akan membuat siswa merasa didongengkan dan sudah terang mereka mengantuk.

gambar pola pembelajaran menyenangkan di dalam kelas

Nah supaya pembelajaran menjadi menyenangkan, maka Gantilah model pembelajaran misalnya diskusi, tanya jawab, praktek langsung, atau bahkan bisa juga menambahkan kuis-kuis kecil yang akan membuat siswa sedikit terpacu ketika pembelajaran berlangsung bahkan bisa meningkatkan aktifitas siswa dan pada hasilnya menghilangkan kebosanan siswa.

Berikut contoh pembelajaran menyenangkan di dalam kelas:

  • Cobalah mengajak siswa merubah suasana mencar ilmu setidaknya merubah posisi kawasan duduk di kelas yang tadinya posisi sejajar menghadap ke papan tulis diubah melingkar mengelilingi kelas atau dibuat berkumpul menjadi satu meja di tengah ruang kelas.

2. Metode Pembelajaran Menyenangkan Di Luar Kelas

gambar pola pembelajaran menyenangkan luar kelas

Sahabat edukasi, Kondisi kawasan mencar ilmu menghipnotis menyenangkan atau tidaknya aktivitas belajar. Coba bayangkan bila kita terus menerus duduk atau berdiri pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, terang mencicipi kebosanan yang memuncak, sama halnya dengan siswa yang selama ini duduk di dingklik dan ruang yang sama setelah beberapa kali pertemuan belajar.

berikut contoh pembelajaran menyenangkan di luar kelas

  • Jika perlu mencar ilmu di ruang lain misalnya ruang multimedia, laboratorium, auditorium atau ke luar ruang/di alam terbuka yang akan membuat siswa menemukan hal gres selama belajar. Dengan perubahan suasana mencar ilmu akan menambah semangat mencar ilmu dan merubah pembelajaran yang tadinya membosankan menjadi pembelajaan yang menyenangkan.

3. Metode Pembelajaran Interaksi antara guru/pendidik dan siswa/peserta didik

Dalam aktivitas pembelajaran terjadi proses pertransferan ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa. Tujuan pembelajaran dianggap tercapai apabila semua siswa memahami dan bisa menyerap serta mengingat materi pelajaran yang diberikan. Agar tujuan pembelajaran tercapai butuh proses pembelajaran yang menyenangkan. Interaksi antar guru dan siswa yang tidak terlalu tegang/rileks dan terjadi secara continu artinya selama proses pembelajaran guru menanyakan beberapa hal kepada siswa atau sebaliknya yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Guru harus berakal menciptakan suasana pembelajaran menyenangkan yang tetap fokus pada pencapaian tujuan pembelajaran

berikut contoh pembelajaran menyenangkan dalam bentuk Interaksi

  • interaksi ice breaking berupa games atau hanya variasi tepuk tangan yang tidak menghabiskan waktu yang lama, hal ini akan sangat membantu untuk membuat semangat siswa kembali meningkat ketika sudah mulai mengantuk dan hilang konstrasi belajar.
  • Bentuk interaksi lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang guru yaitu menawarkan perhatian lebih dengan motivasi-motivasi yang akan kembali menyemangati siswa untuk belajar. Hal ini bisa disisipkan selama proses pembelajaran atau bisa dilakukan pada tamat pembelajaran adegan penutup sekaligus menambah motivasi mencar ilmu pada pertemuan pembelajaran berikutnya.
Download Macam-Macam Contoh Pembelajaran Menyenangkan – DISINI

Demikian share pola pembelajaran yang menyenangkan. Semoga menawarkan manfaat untuk kita semua